ZenBook Pro Duo hingga Zenfone 6

  • Whatsapp
ZenBook Pro Duo hingga Zenfone 6
Zenbook Pro Duo Hingga Zenfone 6

Pameran teknologi Computex 2019 baru saja digelar di Taipei, Taiwan, pada Selasa (28/5) hingga Sabtu (1/6). Berbagai perusahaan teknologi pun unjuk gigi dalam ajang yang rutin diadakan tiap tahun ini.

Muat Lebih

Salah satu perusahaan yang hadir adalah Asus. Tahun ini, vendor asal Taiwan itu menghadirkan sederet produk teknologi baru, mulai dari produk yang sudah selesai diproduksi hingga yang masih berupa rancangan. Semua dipamerkan dalam ajang Computex.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Logo Asus spesial di laptop Asus ZenBook Edition 30. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan
Apa saja produk yang dipamerkan Asus di Computex edisi 2019? Berikut daftar teknologi baru Asus yang sudah kumparan rangkum di artikel ini!

1. ZenBoook Pro Duo dan ZenBook Duo

Pada ajang Computex 2019, Asus memperkenalkan dua unit laptop canggih terbarunya: ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo.

Kedua laptop ini memiliki keunggulan yang sama, yaitu adanya dua buah layar monitor yang bisa dimanfaatkan untuk multitasking. Masing-masing memiliki layar touchscreen berteknologi ScreenPad Plus, yang terletak sejajar dengan posisi keyboard.

Laptop Asus VivoBook generasi baru dengan ScreenPad 2.0. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Laptop Asus VivoBook generasi baru dengan ScreenPad 2.0. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan
Pengguna pun akan bisa menggunakan ZenBook Pro Duo dan ZenBook Duo untuk mendapatkan display yang lebih luas dan produktivitas yang lebih tinggi. Meski begitu, ZenBook Pro Duo dan Duo memiliki perbedaan yang cukup mendasar, khususnya dari segi ukuran dan spesifikasi.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

ZenBook Pro Duo memiliki ukuran layar utama sebesar 15,6 inci, dengan spesifikasi OLED beresolusi 4K Ultra HD (3840 x 2160 pixel). Sementara ZenBook Duo memiliki layar utama berukuran 14 inci dengan teknologi Full HD display (1920 x 1080 pixel).

Kemudian, perbedaan lainnya adalah ZenBook Pro Duo dilengkapi dengan prosesor Intel Core i9 dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2060. Sementara dapur pacu ZenBook Duo didukung oleh Intel Core i7 dan Nvidia GeForce MX250.

2. ZenBook & Zenfone 6 Edition 30

Selain itu, Asus juga menghadirkan laptop ZenBook dan ponsel Zenfone 6 edisi khusus ulang tahun yang ke-30.

Zenbook Edition 30 (UX334FL) adalah laptop dengan balutan material kulit berwarna putih. Laptop ini memiliki ukuran 13 inci, prosesor Intel Core i7 generasi 8, kartu grafis NVIDIA GeForce MX250, RAM 16 GB, PCIe SSD, juga teknologi layar sentuh ScreenPad 2.0.

Sementara Zenfone 6 Edition 30 merupakan varian lain dari smartphone baru Zenfone 6 dengan memori yang lebih tinggi. Ponsel ini memiliki RAM 12 GB dan memori internal 512 GB, serta hanya diproduksi sebanyak 3.000 unit di seluruh dunia.

Laptop Asus ZenBook Edition 30. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Laptop Asus ZenBook Edition 30. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan

3. ScreenPad 2.0 di ZenBook dan VivoBook

Mulai saat ini, Asus akan menghadirkan teknologi dua layar dalam setiap laptop ZenBook dan VivoBook. Mereka mengganti posisi touchpad tradisional dengan fitur baru yang disebut ScreenPad 2.0. Ia adalah layar sentuh yang dapat berfungsi sebagai monitor tambahan, sekaligus alat navigasi laptop.

Teknologi ini akan mulai dipakai pada laptop ZenBook 13, 14, dan 15 edisi terbaru, juga dalam VivoBook S14/S15. Corporate Vice President Asus, Eric Chen mengatakan, nantinya seluruh laptop ZenBook akan menggunakan teknologi ini.

Layar sentuh di laptop Asus ZenBook Pro Duo. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Layar sentuh di laptop Asus ZenBook Pro Duo. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan

4. Layar Gaming ROG Strix XG17

Tidak cuma menghadirkan laptop, Asus juga menghadirkan inovasi di bidang layar untuk gaming. Mereka meluncurkan ROG Strix XG 17, produk yang diklaim sebagai layar gaming portabel 240 Hz pertama di dunia.

Produk ini memiliki layar Full HD berukuran 17,3 inci dengan waktu response time 3 milidetik dan waktu hidup baterai sepanjang 3 jam.

Layar Gaming ROG Strix XG17. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Layar Gaming ROG Strix XG17. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan

5. Headset ROG Theta

Di lini headset, Asus mengeluarkan ROG Theta Series yang dikhususkan untuk gaming. Pertama, ada hehadset ROG Theta yang memiliki teknologi 7.1 Surround Set, virtual Bass, dan noise-cancelling microphone dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Kemudian, ada headset ROG Theta Electret yang berteknologi Hi-Fi. Headset ini dipasarkan sebagai produk yang cocok digunakan oleh gamer dan juga para audiophile, sebutan untuk mereka pecinta audio.

Headset Asus ROG Theta. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Headset Asus ROG Theta. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan

6. Motherboard Prime Utopia

Tidak hanya menghadirkan produk yang sudah selesai diproduksi, Asus juga menghadirkan prototipe motherboard bernama Prime Utopia.

Melalui Prime Utopia, Asus menawarkan papan induk komputer dengan optimisasi termal, modular i/o, juga OLED panel touchscreen yang bisa digunakan untuk memonitor kondisi mesin.

Motherboard Asus Prime Utopia. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Motherboard Asus Prime Utopia. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan

7. Router AiMesh AX6600 Wi-Fi 6

Selanjutnya, Asus menghadirkan router AiMesh AX6600 Wi-Fi 6 System. Berbeda dengan desain router Wi-Fi Asus yang selama ini dikenal memiliki banyak ‘tanduk’, AiMesh AX6600 hadir dengan desain berbentuk silinder yang simpel, tanpa antena yang terlihat di bagian luarnya.

Router ini memiliki spesifikasi tri-band dengan kecepatan 6.600 Mbps, penggunan Wi-Fi 6 pada koneksi backhaul dan front-end, juga 2.5G port.

Asus AiMesh AX6600 Wi-Fi 6 Router. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Asus AiMesh AX6600 Wi-Fi 6 Router. Foto: Masajeng Rahmiasri/kumparan

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait