Waspada Ponsel BM, Begini Cara Cek Nomor IMEI Smartphone

  • Whatsapp
Waspada Ponsel BM, Begini Cara Cek Nomor IMEI Smartphone
Waspada Ponsel Bm, Begini Cara Cek Nomor Imei Smartphone

Pemerintah Indonesia segera mengeluarkan aturan aktivasi nomor International Mobile Equipment Identification (IMEI) perangkat seluler, baik smartphone maupun tablet. Regulasi ini ditujukan untuk mencegah peredaran ponsel ilegal atau black market (BM) yang beredar di Indonesia.

Rencananya, aturan yang digodok bersama oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Perindustrian (kemenperin), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) ini bakal resmi diberlakukan pada bulan Agustus 2019 mendatang.

Muat Lebih

Jika sudah diberlakukan, perangkat seluler yang nomor IMEI-nya tidak terdaftar di database pemerintah akan terblokir. Perangkat yang diblokir tidak bisa menerima sinyal operator manapun di Indonesia, sehingga tidak bisa digunakan untuk telepon, SMS, dan buka internet.

Untuk memastikan apakah nomor IMEI perangkat milikmu sudah terdaftar atau belum di database pemerintah, kamu bisa mengeceknya di situs www.kemenperin.go.id/imei. Di halaman tersebut, kamu bisa memasukan nomor IMEI perangkat, kemudian akan muncul keterangan apakah nomor IMEI ponsel terdaftar di Kemenperin atau tidak.

Menurut pemerintah, jika nomor IMEI tidak terdaftar, kemungkinan besar perangkat tersebut ilegal. Perangkat yang nomor IMEI-nya tidak terdaftar disebabkan karena produk tersebut dibeli tidak melalui jaringan distributor resmi atau dibeli di luar negeri.

Kabarnya, pemerintah akan melakukan pemutih selama 2 tahun untuk semua perangkat yang tidak terdaftar yang sudah beredar dan digunakan oleh masyarakat.

Bagaimana caranya untuk mengecek nomor IMEI smartphone? Ada banyak cara yang bisa dilakukan, seperti melalui melihat kardus perangkat, menu pengaturan, atau nomor USSD. Berikut cara lengkap melihat nomor IMEI.

1. Melihat kardus

Setiap perangkat seluler yang dijual dipastikan akan memiliki kardus. Kamu dapat melihat nomor IMEI yang tertera pada kardus tersebut, dan biasanya terletak di bagian belakang kotak, bersama tulisan tempat produksi perangkat.

2. Menu pengaturan

Setiap perangkat memiliki fitur untuk melihat nomor IMEI pada menu pengaturan atau settings. Untuk perangkat yang mendukung SIM card ganda biasanya punya dua nomor IMEI. Berikut cara melihat IMEI sesuai merek perangkat.

– Cek IMEI Samsung

Buka menu Settings – pilih About Phone – Di sana sudah tertera nomor IMEI.

– Cek IMEI Oppo

Buka menu Settings – pilih About – Status – Di sana sudah tertera nomor IMEI.

– Cek IMEI Vivo

Buka menu Settings – pilih more settings – About Phone – Di sana sudah tertera nomor IMEI.

– Cek IMEI Xiaomi

Buka menu Settings – Pilih About Phone – Status – Di sana sudah tertera nomor IMEI.

– Cek IMEI iPhone

Buka menu Settings – Pilih General – About – Di sana sudah tertera nomor IMEI.

3. Cek dengan USSD

Cara lain yang cepat dan mudah serta bisa diterapkan di semua perangkat adalah dengan menggunakan nomor USSD. Caranya, buka menu telepon, kemudian tekan *#06# hasilnya akan langsung menampilkan nomor IMEI.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait