Video YouTube yang Dibintangi Anak-anak Paling Banyak Ditonton

  • Whatsapp
Video YouTube yang Dibintangi Anak-anak Paling Banyak Ditonton
Video Youtube Yang Dibintangi Anak Anak Paling Banyak Ditonton

Mantapps.com – Channel-channel YouTube yang konten-kontennya berisi aksi anak-anak rupanya menjadi channel yang paling banyak ditonton oleh warganet, demikian hasil sebuah studi yang digelar oleh lembaga riset Amerika Serikat, Pew Research Centre pekan ini.

Dalam studi yang dirilis Kamis (25/7/2019), ditemukan bahwa video-video yang dibintangi dan menyasar anak-anak adalah yang paling banyak ditonton di YouTube.

Muat Lebih

Loading...

Pew dalam studi itu menganalisis video-video yang diunggah selama periode satu pekan pertama Januari 2019 lalu. Video-video itu berasal dari 43.770 channel di YouTube.

Mereka menemukan bahwa video yang dibintangi anak-anak berusia di bawah 13 tahun, mendulang penonton tiga kali lebih banyak ketimbang video lainnya. Sementara video yang menyasar penonton anak juga sangat populer di YouTube.

Uniknya riset itu digelar Pew dengan meneliti website utama YouTube, bukan aplikasi YouTube Kids yang memang khusus ditujukan untuk penonton anak-anak.

Studi ini, tulis Bloomberg, menunjukkan bahwa anak-anak masih menjadi bagian yang tak terpisahkan dari YouTube dan perusahaan itu memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan anak-anak dari konten-konten yang merusak.

YouTube sendiri telah melarang anak-anak berusia di bawah 13 tahun untuk menyaksikan layanan atau aplikasinya tanpa didampingi orang tua. Anak-anak hanya diperbolehkan mengakses YouTube Kids.

Tetapi di aplikasi utama YouTube masih banyak ditemukan video-video kartun dan mainan anak. Anak usaha Google itu mengklaim bahwa video-video tersebut disaksikan oleh orang-orang dewasa.

“Kami tak bisa berbicara tentang metodologi atau hasil studi Pew. Tetapi secara umum di YouTube, video-video paling populer biasanya berisi komedi, musik, olah raga, dan tips. Dan kami selalu menegaskan bahwa YouTube bukan untuk orang berusia di bawah 13 tahun,” kata seorang juru bicara YouTube.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait