Sekali Klik, Prosesor Intel Bisa Dibikin Ngebut

  • Whatsapp
Sekali Klik, Prosesor Intel Bisa Dibikin Ngebut
Sekali Klik, Prosesor Intel Bisa Dibikin Ngebut

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Ilustrasi prosesor Intel Pentium Silver. Intel

Mantapps.com – Overclocking adalah teknik menggenjot kecepatan prosesor dengan menaikkan clockspeed di atas standar, sehingga kinerja prosesor makin ngebut.

Muat Lebih

Loading...

Biasanya overclocking dilakukan dengan mengubah aneka setting rumit di BIOS komputer, mulai dari pengaturan frekuensi hingga voltase.

Nah, pekan ini Intel merilis aplikasi bernama Performance Maximizer untuk mempermudah proses overclocking, sehingga bisa dilakukan hanya dengan sekali klik dari dalam Windows.

Dalam keterangan di situsnya, Intel mengatakan bahwa Performance Maximizer menganalisis setting prosesor, kemudian melakukan pengaturan untuk meningkatkan performa lewat overclocking. Semuanya dilakukan secara otomatis.

“Tool ini mempermudah tuning prosesor Intel tipe unlocked berdasarkan potensi kinerja individualnya,” sebut Intel.

Ilustrasi Intel Performance Maximizer Intel© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Ilustrasi Intel Performance Maximizer Intel

Perlu ditambahkan bahwa Performance Maximizer untuk sekarang hanya mendukung prosesor Core i9, i7, dan i5 generasi kesembilan, dengan pengali frekuensi (multiplier) yang terbuka (unlocked), ditandai dengan huruf “K” di akhir nomor model.

Selengkapnya, prosesor yang didukung adalah Core i9-9900K, Core i9-9900KF, Core i7-9700K, Core i7-9700KF, Core i5-9600K, dan Core i5-9600KF. Syarat tambahannya, komputer mesti memiliki RAM minimal 8 GB dan ruang penyimpanan 16 GB.

BIOS motherboard juga perlu diperbarui, semua core prosesor dibuka, lalu fitur Processor Core Overclocking, Turbo Boost 2.0, dan Hyper-Threading diaktifkan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari SlashGear, Sabtu (22//6/2019). 

Meski terkesan lebih aman dibandingkan overclocking secara manual, Intel tetap memperingatkan bahwa praktik menggenjot kecepatan prosesor di luar standarnya tetap bisa merusak, atau mengurangi umur komponen tersebut.

Intel Performance Maximizer tersedia secara cuma-cuma dan bisa diunduh lewat tautan berikut.

Penulis: Oik Yusuf

Editor: Reska K. Nistanto

Sumber: SlashGear

Copyright Kompas.com

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait