NASA Temukan 3 Planet Baru

  • Whatsapp
NASA Temukan 3 Planet Baru
Nasa Temukan 3 Planet Baru

Jakarta: NASA menemukan tiga planet baru, termasuk planet yang tampil berbeda jika dibandingkan dengan sistem tata surya lokasi Bumi bernaung. Planet misterius ini merupakan bagian dari sistem tata surya TOI-270.

Sistem tersebut dinilai NASA sebagai bagian dunia yang hilang dan dapat menjadi hadiah besar untuk peneliti pencari dunia alien. Ketiga planet ini hanya berjarak 73 tahun cahaya dari Bumi, menjadikannya sebagai planet ekstrasurya terdekat yang pernah ditemukan, serta merupakan salah satu yang terkecil.

Muat Lebih

Loading...

Planet ini ditemukan melalui penelitian menggunakan NASA Exoplanet Survey Satellite (TESS). Satelit ini dikirimkan ke luar angkasa pada tahun 2018 lalu, dan telah memindai alam semesta untuk mencari bintang dan planet yang berpotensi menjadi tempat tinggal alien.

TOI-207 memiliki planet serupa Bumi yang dipenuhi bebatuan, berukuran sedikit lebih besar dari Bumi, sedangkan dua planet bergas lainnya berukuran sedikit lebih besar, seperti laporan The Independent.

Ukuran planet berbatu ini menyerupai planet Bumi atau Mars, dan dua planet bergas lainnya serupa dengan Saturnus dan Jupiter, mendukung penilaian bahwa ketiganya merupakan bagian dunia yang hilang.

Peneliti berharap dapat menggunakan sistem tata surya TOI-207 untuk memahami alasan di balik kehadiran dunia dengan ukuran tersebut, dan membantu memahami cara planet di tata surya Bima Sakti ditemukan.

Bersamaan dengan temuan planet berbatu serupa Bumi, NASA menemukan planet bergas dengan ukuran dua kali lipat dari Bumi. Salah satu planet tersebut berlokasi di jarak terjauh dari bintang, dinilai NASA memiliki kisaran suhu yang memungkinkan mendukung kehidupan alien.

Namun, atmosfer pada planet terjauh ini diperkirakan sangat pekat karena menyimpan suhu panas sehingga permukaannya terlalu hangat. Ilmuwan berharap dapat mempelajari lebih mendalam terkait dunia yang relatif dekat.

Pada sistem tata surya TOI-270, planet digambarkan berjajaran layaknya mutiara pada seutas benang. Dan pada sistem tata surya lain, NASA juga menemukan planet berbaris dalam formasi serupa, sedangkan pada sistem tata surya Bima Sakti, bulan planet Jupiter juga berbaris dalam formasi ini.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait