Mengenal Green Charcoal, Bata dari Arang

  • Whatsapp
Mengenal Green Charcoal, Bata dari Arang
Mengenal Green Charcoal, Bata Dari Arang

Mumbai: Inovasi dalam menciptakan bahan material yang lebih ramah lingkungan terus dikembangkan. Ada batu bata yang dibuat dari urin manusia hingga puntung rokok.

Belum lama ini, sekelompok peneliti dari Indian School Of Design And Innovation di Mumbai mengembangkan batu bata berbahan arang (charcoal).

Muat Lebih

Loading...

Tak hanya arang, komponen batu bata yang disebut Green Charcoal itu terdiri atas tanah, semen, arang, dan serat luffa organik atau loofah (tanaman yang biasa digunakan untuk spons mandi).

Green Charcoal mengandung lebih banyak udara. Selain itu, loofah organik menciptakan bidang gergelombang sehingga memungkinkan tanaman untuk tumbuh di permukaannya.

Shreyas More dan Meenal Sutaria mengatakan, pori-pori yang terbentuk dapat mengurangi suhu batu bata dan mendinginkan lingkungan interior.

“Ini bertujuan untuk memastikan peningkatan keanekaragaman hayati di kota-kota sambil memberikan solusi perkotaan yang sehat bagi masyarakat,” kata More dikutip Dezeen.

Penggunaan arang dalam jumlah kecil pada permukaan batu bata juga berfungsi untuk memurnikan udara dengan menyerap nitrat, makanan untuk tanaman yang tumbuh.

“Fasad bangunan yang dibangun menggunakan batu bata Green Charcoal tak hanya membersihkan udara tapi juga mengendalikan kenaikan suhu,” katanya.

Tidak banyak yang tahu bahwa bahan-bahan pembuat beton menghasilkan berton-ton gas rumah kaca berupa karbondioksida (CO2) ke atmosfer setiap tahunnya.

Tidak perlu untuk penguat logam, karena serat loofah memberikan semua kekuatan dan fleksibilitas yang sesuai dan memastikan porositas tinggi pada batu bata.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait