Mengenal Deepfakes, Teknologi Peniru yang Bikin Waswas

  • Whatsapp
Mengenal Deepfakes, Teknologi Peniru yang Bikin Waswas
Mengenal Deepfakes, Teknologi Peniru Yang Bikin Waswas





© Mantapps.com
Apa Itu Deepfake?. (FOTO: Steemit).

Muat Lebih

Loading...

Deepfakes merupakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang bisa membuat video atau audio palsu menggunakan referensi material yang sudah ada.

Teknik ini bisa menempatkan dan menggabungkan gambar dan video yang ada ke sumber gambar atau video menggunakan deep learning yang dikenal sebagai jaringan permusuhan generatif. Istilah ini mulai ada sejak 2017.

Kemampuan deepfakes untuk menimpa muka seseorang dengan muka lain yang juga bergerak mengikuti ekspresi aslinya berasal dari proses pembelajaran mesin (machine learning/ML).

Proses itu pula yang menjadi asal dari nama deepfakes, yaitu penggabungan antara deep learning yang merupakan bagian dari machine learning, dan fake (palsu).

Kecerdasan buatan yang digunakan untuk melakukan proses ini berbasis dari teknik Human Image Synthesis atau meniru gambar manusia yang biasa digunakan di dalam film.

Melalui teknik machine learning bernama Generative Adversarial Network, AI akan membuat simulasi penyempurnaan implementasi gambar tersebut ke dalam gambar atau video yang bergerak, dan mendapatkan pengalaman bagaikan melakukannya sebanyak jutaan atau bahkan puluhan juta jam.

Inilah faktor yang mengerikan dari machine learning yang dimiliki AI, karena mampu meningkatkan kemampuannya dengan luar biasa dan dilakukan hanya dalam waktu singkat.

Namun, sayangnya kecanggihan metode ini dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Deepfakes sering digunakan untuk membuat video porno selebriti palsu, berita palsu, dan tipuan yang berdampak kejahatan.

Impresi kebanyakan orang pertama kali terhadap deepfakes merupakan impresi negatif, sehingga reddit pun melarang semua konten, seperti deepfakes untuk diposting di dalam Reddit.

Dengan algoritma deepfakes, orang mana pun yang memiliki kemampuan koding bisa membuat video palsu tokoh mana pun dan bisa membuat statement palsu.



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait