Memilih Laptop Andalan untuk Beragam Keperluan

  • Whatsapp
Hasil gambar untuk HP Joy 2
Memilih Laptop Andalan Untuk Beragam Keperluan

Kebutuhan akan perangkat komputasi kian spesifik sesuai peruntukannya, sehingga pengguna dituntut jeli saat memilih perangkat sesuai kebutuhan.

Muat Lebih

Loading...

Tak dipungkiri untuk me­miliki perangkat kom­putasi butuh pemahaman ekstra, tak hanya soal perangkatnya beserta teknologi di dalamnya. Tetapi dibutuhkan pemahaman soal ‘keperluan’ dari penggunaan perangkat tersebut, ini penting agar yang Anda beli sesuai kebutuhan, dan yang tidak kalah penting bisa menekan bud­get perangkat tersebut.

Berikut beberapa rekomendasi laptop canggih berdasarkan seg­mentasinya.

  1. HP Joy 2

Jika membahas perangkat komputasi untuk kalangan pelajar, atau pekerja muda sekalipun HP Joy 2 bisa menjadi perangkat yang sangat diandalkan di kelasnya.

Bisa dibayangkan dengan harga sekitar 4 jutaan rupiah, laptop ini memiliki slot penyimpanan Solid State Drive (SSD). Yang secara teknis mampu bekerja jauh lebih cepat dari pada Hardisk, dan se­cara pengaplikasian juga sangat jarang ada diperangkat harga terjangkau.

SSD menyediakan kinerja puncak untuk booting dan kin­erja baca-tulis yang tinggi guna mendukung komputasi yang memerlukan kapabilitas multitu­gas lebih baik. Pada bagian inilah SSD menunjukan perbedaan yang sangat signifikan. Kecepatan baca-tulis SSD 8 kali lebih cepat dibanding HDD.

Penampilan fisik HP Joy 2, juga cukup menarik meskipun agak tebal. Kendati demikian, tebalnya bodi laptop juga cu­kup menguntungkan karena dapat menam­pung port yang cukup lengkap mulai dari USB, HDMI, hingga RJ-45 untuk koneksi jaringan.

Kemudian pada bagian keyboard bisa dibilang cukup juara, pasalnya memiliki ruang luas dan sangat nyaman untuk mengetik. Ini karena Joy 2 memiliki ukuran tombol tidak terlalu rapat dan touchpad cukup lega.

Koran Jakarta, yang sempat menjajal produk ini pun juga terbantu dengan bobot­nya yang cukup ringan, se­hingga ideal dipakai mobile. Laptop yang memiliki layar 14 inci ini memiliki bobot sekitar 1,4 kilogram, berbahan plastik ko­koh yang tak perlu diragukan lagi kekuatannya.

Performa prosesor AMD APU A4 yang dipadukan dengan RAM 4GB dan SSD M.2 128GB. Laptop diklaim irit konsumsi daya, berkat 3 cell (41,9 Wh) dan TDP 15W.

Selain itu, Joy 2 juga dibenam­kan fitur TrueVision HD Cam­era WRD yang memungkinkan pengguna berfoto dengan kualitas kamera laptop lebih baik. Fitur tersebut memungkinkan pengam­bilan foto dengan kondisi minim dan berlawanan dengan cahaya menggunakan teknologi wide dynamic range.

  1. ROG Zephyrus S

Hasil gambar untuk ROG Zephyrus S

Laptop ini tentunya cocok bagi Anda yang ingin dimanjakan saat bermain game dengan kualitas tinggi yaitu ROG Zephyrus . Per­angkat yang baru rilis awal April di Indonesia ini memiliki dua pilihan yaitu GX701 dan GX531, dengan banderol harga jual mulai dari 38 jutaan rupiah. Asus ROG Zephyrus S GX701 memi­liki dimensi hingga 40 persen lebih tipis dan 23 persen lebih kecil dari laptop gaming umumnya, yaitu 18mm, dengan bezel tipis screen-to-body ratio men­capai 80 persen. Karena menggu­nakan bezel tipis, ROG Zephyrus S GX701 tidak memiliki built-in web camera seperti laptop lainnya.

Sebagai gantinya, Asus meng­hadirkan web camera eksternal yang telah mendukung pereka­man video Full HD 60fps. Laptop berukuran 17 inci ini dilengkapi layar dengan refresh rate hingga 144Hz dan respons 1ms dan dibekali tingkat reproduksi warna pada color space sRGB 100 persen, serta telah men­gantongi sertifikasi kalibrasi warna dari Pantone.

ROG Zephyrus S GX701 juga hadir dengan aplikasi khusus bernama Armoury Crate yang merupak­an pem­baruan dari ROG Gaming Center. Aplikasi tersebut ber­fungsi sebagai pusat kendali untuk ber­bagai fitur dan fungsi yang ada di ROG Zephyrus S GX701. Salah satu fungsi utama Armoury Crate adalah mengatur performa dan kecepatan kipas saat menggunak­an laptop.

Sedangkan GX531 ha­dir dalam ukuran 15,6 inci dengan ketebalan 16,5 mm dan bobot 2,1 kilogram. Menggunakan teknologi NanoEdge Display pada layar, laptop tersebut dilengkapi layar refresh rate hingga 144Hz dan respons 1ms. Laptop ini juga didu­kung prosesor Intel Core i7-8750H yang meng­gunakan konfig­urasi 6 core dan 12 thread, dan didukung RAM DDR4 dengan kapasitas hingga 24GB, serta penyimpanan meng­gunakan M.2 NVMe PCI SSD. Un­tuk pendinginan, ROG Zephyrus S GX531 juga dibenamkan Hyper­cool Technology yang dioptimal­kan denganActive Aerodynamic System (AAS).

  1. Samsung Notebook 7

Hasil gambar untuk Samsung Notebook 7

Baru-baru ini Samsung kabarnya telah memperbarui jajaran laptop Notebook 7 dengan empat model, dua di antaranya hadir dengan grafis diskrit yang ditargetkan untuk konten kreator.

Notebook 7 menawarkan nuansa premium berkat bodi logam modern. Layar yang ham­pir tanpa bezel men­jadikannya sangat ringkas dan penampi­lan menarik. Untuk menunjang pekerjaan sebagai konten creator ataupun pekerja kreatif desain, perangkat ini memiliki layar 15,6 inci dan bobot sekitar 1,8 kilogram dengan grafis diskrit. Notebook 7 ini juga memiliki RAM hingga 16 GB dan sensor sidik jari.

Untuk varian yang dileng­kapi grafis diskrit, penyimpanan dimulai pada SSD 512 GB. Model dengan grafis MX250 dilengkapi dengan satu slot SSD yang dapat di-upgrade, sedangkan model GTX 1650 (Notebook 7 Force) hadir dengan dua slot yang dapat di-upgrade untuk mengakomo­dasi HDD dan SSD tambahan. Bagi Anda yag tertarik, Samsung Notebook 7 dijual mulai 14 jutaan rupiah.

  1. Dell Rugged Laptop

Hasil gambar untuk Dell Rugged Laptop

Seperti namanya, Rugged, laptop ini didesain untuk tahan banting, tahan gores, dan tahan air. Ini diwujudkan dalam casing super keras yang telah melalui uji serti­fikasi menyeluruh, bahkan tahan suhu ekstrem tinggi dan rendah, yang memungkinkan laptop ini nantinya dapat dipakai di mana saja.

Bukan itu saja. Untuk men­jamin peng­gunaan yang nya­man se­cara vi­sual, Dell telah menyertakan layar full HD dengan terang hingga 1000-nit (sebagai bandingan, rata-rata laptop biasa memiliki tingkat terang ‘hanya’ sekitar 400-500 nit). Selain super terang, yang akan bermanfaat dalam aktivitas di bawah sinar matahari langsung, layar ini juga memiliki color gamut lebih baik sehingga nyaman digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan.

Karena pengguna laptop ini tentu saja bakal sering meng­gunakan untuk aktivitas mobile, Dell juga menyertakan fitur hot-swappable dual batteries yang memungkinkan pengguna dapat langsung mengganti baterai yang habis dengan baterai cadangan, bahkan dalam keadaan laptop menyala. Tentu saja ini merupakan trik yang sangat efisien untuk me­nyiasati situasi pemakaian di luar ruangan yang perlu waktu lama. Dengan baterai ganda ini, laptop tersebut dapat bekerja hingga 14 jam non-stop. Harga jual laptop ini ada dikisaran 20 jutaan rupiah. ima/R-1

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait