Lirik Lagu Yang Ditampilkan Google Hasil “Mencontek” Situs Lain?

  • Whatsapp
Lirik Lagu Yang Ditampilkan Google Hasil "Mencontek" Situs Lain?
Lirik Lagu Yang Ditampilkan Google Hasil "mencontek" Situs Lain?

© Disediakan oleh PT. Kompas Cyber Media
Google Search Istimewa

Mantapps.com – Pernahkan Anda mencari lirik lagu kesayangan di mesin pencarian Google? Jika lagunya cukup populer, Google akan menampilkan lirik lagu sesuai kata kunci di bagian paling atas.

Muat Lebih

Loading...

Dengan begitu, Anda tidak perlu menjelajah situs lain untuk menemukan liriknya, karena sudah disajikan langsung oleh Google di hasil teratas. Sayangnya, Google harus menerima tudingan bahwa data lirik yang ditampilkan adalah hasil contekan dari situs lirik lain.

Tudingan itu dilontarkan salah satu situs penyedia lirik lagu, Genius. Genius sesumbar punya bukti kuat yang akan sulit dibantahkan pihak Google. Buktinya terdapat pada tanda apostrof atau tanda kutip.

Dua jenis tanda kutip berupa dua garis tegak lurus dan satu garus lengkung yang digunakan Genius pada lirik lagu, urutannya persis sama pada setiap lagu yang ditampilkan Google.

Ketika dua jenis tanda kutip itu dikonversi ke dalam kode morse berupa titik dan garis, tanda tersebut terbaca “red handed” (tertangkap basah).

Google membantah

Genius menyebut menemukan lebih dari 100 contoh lirik lagu yang diduga dicontek Google. Atas tudingan ini, Google membantahnya. Mereka mengklaim, lirik yang ditampilkan ke hasil pencarian berasal dari mitra yang berlisensi.

“Lirik yang ditampilkan di dalam kotak informasi dan Knowledge Panels di mesin pencarian Google adalah berlisensi dari beberapa sumber dan bukan diambil dari situs web,” klaim Google.

Google juga mengatakan akan melakukan investigasi dan berjanji untuk mengakhiri perjanjian dengan mitra mana pun yang tidak jujur.

“Kami mengambil kualitas data dengan serius dan menjaga pertanggungjawaban dari mitra berlisensi kami terhadap perjanjian”, respons Google, dilansir KompasTekno dari Engadget, Senin (17/6/2019).

Penulis: Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Editor: Reska K. Nistanto

Sumber: ENGADGET,9to5Google

Copyright Kompas.com

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait