Leonardo da Vinci Telah Rancang Tas Tangan Perempuan Ratusan Tahun Silam

  • Whatsapp
Leonardo da Vinci Telah Rancang Tas Tangan Perempuan Ratusan Tahun Silam
Leonardo Da Vinci Telah Rancang Tas Tangan Perempuan Ratusan Tahun Silam

© suara.com
Patung Leonardo da Vinci di Milan, Italia. [Shutterstock]

Muat Lebih

Loading...

Mantapps.com – Leonardo da Vinci dikenal sebagai seniman arsitek, ilmuwan, insinyur, dan pelukis ulung yang menciptakan karya-karya paling tersohor di dunia.

Tetapi yang jarang diketahui adalah Leonardo da Vinci telah merancang salah satu unsur terpenting dalam busana modern: tas tangan perempuan.

Di pojok bawah salah satu halaman Codex Atlanticus, sebuah kumpulan catatan serta coretan atau gambar Leonardo Da Vinci, terdapat sebuah sketsa desain sebuah benda yang saat ini disebut tas tangan perempuan atau handbag.

Dalam gambar itu Leonardo da Vinci sudah merancang pola-pola cantik pada bagian luar tas, kancing, serta mekanisme untuk menutup serta membuka tas tersebut – yang sudah banyak diterapkan pada desain tas tangan kiwari.

“Leonardo, yang dikenal sebagai serbabisa, manusia paling jenius dalam sejarah, juga merancang tas tangan,” kata Shahidha Bari, ilmuwan dan penulis buku “Dressed: The Secret Life of Clothes”.

“Tas tersebut, dari berbagai sisi, mirip dengan tas di abad 20,” imbuh Bari.

Beberapa abad kemudian, setelah Leonardo da Vinci wafat pada 1519, tas rancangannya diproduksi oleh rumah mode Italia, Gherardini. Tas itu diproduksi tepatnya pada 2012.

Meski tas itu dirancang dengan ketelitian tinggi, penuh motif hiasan, Bari menduga Leonardo menciptakan desain tas tersebut untuk tujuan praktis.

“Tas itu sepert sebuah proyek, semacam teka-teki matematika untuk Leonardo. Ia merancang tas karena ia berpikir, ‘Bagaimana cara membawa barang-barang dengan aman.’” jelas Bari.

Leonardo da Vinci lahir di Italia pada April 1452. Ia adalah pelukis Mona Lisa, The Last Supper, menciptakan gambar anatomi tubuh manusia, dan masih banyak lagi.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait