ITB dan Bukalapak Buat Laboratorium Kecerdasan Buatan

  • Whatsapp

#bukalapak #itb #laboratorium #kecerdasanbuatan

Mantapps.com, Jakarta – Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Bukalapak akhirnya berhasil luncurkan Bukalapak-ITB Artificial Intelligence (AI) & Cloud Computing Innovation Center.

Muat Lebih

Yaitu sebuah laboratorium riset untuk mahasiswa, dosen, dan peneliti Indonesia dalam mengembangkan AI (kecerdasan buatan).

Laboratorium tersebut, diresmikan langsung oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir di Aula Barat ITB, Kampus ITB, Jalan Ganesha, Kota Bandung, Jumat (1/2/2019).

Hadir pula di antaranya Rektor ITB Kadarsah Suryadi dan CEO sekaligus founder Bukalapak Achmad Zaky.

ITB bersama Bukalapak berkomitmen untuk mendekatkan dunia industri dengan perguruan tinggi terutama dalam pengembangan inovasi ke depan.

Rektor ITB Kadarsah Suryadi sangat menyambut baik peluncuran laboratorium riset AI di ITB demi mendukung pengembangan riset dan menjawab berbagai tantangan di era digital.

Sementara itu, Achmad Zaky dari Bukalapak menyatakan salah satu tujuan dari laboratorium riset AI itu adalah untuk pemberdayaan talenta digita di Indonesia.

Dia juga menyebut, AI menjadi teknologi yang berkaitan erat dengan revolusi industri 4.0. Bukalapak bersama ITB memiliki perhatian yang sangat tinggi terhadap kemajuan industri 4.0, karena AI memiliki peran cukup signifikan untuk perkembangan industri dan kegiatan operasional perusahaan di masa mendatang.

Dia juga berharap hadirnya laboratorium riset AI di ITB ini bisa meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia yang memahami teknologi AI, mengingat hal itu belum banyak dimiliki saat ini.

Contributor: Mantapps

Pos terkait