Ini Laptop Paling Berbahaya di Dunia, Dilelang Rp 5,8 Miliar

  • Whatsapp
Ini Laptop Paling Berbahaya di Dunia, Dilelang Rp 5,8 Miliar

Laptop ini tampak biasa saja jika dilihat dari luar. Tapi, percayalah, bagian dalamnya sangat berbahaya.

Muat Lebih

Laptop bermerek Samsung NC10-14GB 10,2 inci Blue Netbook ini menyimpan 6 jenis virus berbahaya nan jahat yang sempat menguncang dunia dan menyebabkan kerugian mencapai 100 miliar dolar AS.

Ini laptop jadul. Usianya 11 tahun. Spesifikasinya tak relevan dengan zaman sekarang. Sistem operasinya pun masih Windows XP SP3. Dia punya keistimewaan dari sisi harga yang mencapai 403 ribu dolar AS atau sekitar Rp 5,8 miliar dalam lelang. Angka ini masih bisa saja meningkat selama proses lelang yang masih berlangsung.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media NetworkHarga yang fantastis ini tak lain karena faktor keberadaan 6 malware mematikan yang tersimpan di sana. Ini daftar virus mematikan tersebut:

1. WannaCry: Muncul pada Mei 2017, yang menginfeksi lebih dari 200.000 komputer di lebih dari 150 negara.

Wannacry yang mengakibatkan BSOD massal pada Windows XP. Foto: Dok. Alfons Tanujaya© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Wannacry yang mengakibatkan BSOD massal pada Windows XP. Foto: Dok. Alfons Tanujaya

2. BlackEnergy: Ada sejak 2007. Malware ini bertanggung jawab atas pemadaman listrik besar-besaran di Ukraina pada Desember 2015.

3. ILOVEYOU: Pertama kali muncul pada Mei 2000 dan menyebar dengan mengirimkan email ke setiap orang di daftar kontak pengguna dengan lampiran ‘LOVE-LETTER-FOR-YOU.txt.vbs.’ Ia ditakuti karena bisa menghapus semua jenis file, termasuk dokumen Microsoft Office, file gambar, dan file audio.

4. Mydoom: Serangannya dimulai pada Januari 2004 dan masih merupakan worm email yang paling cepat menyebar, bahkan lebih cepat daripada ILOVEYOU.

5. Sobig: Ini program jahat jenis worm yang pertama kali menginfeksi komputer pada Agustus 2003 melalui email.

6. DarkTequila: Telah ada sejak 2013. Menginfeksi banyak komputer di Amerika Latin. Virus ini dapat mencuri kredensial bank, data perusahaan, dan informasi pribadi yang ada di komputer. Ia menyebar melalui email dan USB flash drive.

Tampilan streaming lelang laptop Samsung NC10-14GB 10,2 inci Blue Netbook yang menyimpan 6 jenis virus jahat. Foto: Dok. thepersistenceofchaos.com© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Tampilan streaming lelang laptop Samsung NC10-14GB 10,2 inci Blue Netbook yang menyimpan 6 jenis virus jahat. Foto: Dok. thepersistenceofchaos.com

Laptop paling berbahaya di dunia ini, merupakan hasil kolaborasi antara seniman Guo O Dong dengan perusahaan keamanan cyber Deep Instinct. Dong menamakan proyek seni ini dengan nama “The Persistence of Chaos” agar publik lebih awas terhadap bahaya virus komputer dan memahami keamanan siber.

“Saya menciptakan The Persistence of Chaos karena saya ingin melihat bagaimana dunia merespons dan menghargai dampak malware,” kata Dong seperti dilansir Forbes.

Saat ini laptop tersebut tersimpan di sebuah ruangan khusus di kota New York, AS. Dengan alasan keamanan, lokasi jelasnya tidak diungkap. Laptop juga tidak tehubung dengan jaringan apapun untuk mencegah penyebaran.

Ada syarat tertentu untuk membeli laptop ini. Pembeli harus memiliki alasan seni atau akademis dan berjanji tidak akan menyebarkan malware di dalamnya. Kalau mau beli laptop ini bisa ikut lelang di situs web berikut: https://thepersistenceofchaos.com/.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait