Ini Kecanggihan F-22 Raptor Bernilai Triliunan Rupiah, yang Disiagakan Militer AS

  • Whatsapp
Bernilai Triliunan Rupiah, Ini Kecanggihan F-22 Raptor yang Disiagakan Militer AS
Bernilai Triliunan Rupiah, Ini Kecanggihan F 22 Raptor Yang Disiagakan Militer As

Mantapps.com – Di tengah penyelenggaraan KTT G-20, Amerika Serikat dikabarkan telah mengirim pesawat F-22 Raptor ke Qatar. Pesawat tempurnya ini dikirim pasca ditembaknya drone Global Hawk oleh militer Iran.

Seperti yang kamu tahu, drone Global Hawk milik militer Amerika Serikat dirudal hingga handur berkeping-keping karena dituduh telah memasuki wilayah Iran. Hancurnya pesawat tanpa awak seharga triliunan rupiah ini bikin Presiden Donald Trump berang.

Muat Lebih

Ketegangan hubungan antara Amerika Serikat dan Iran kian menjadi. Bisa jadi berangkatnya pesawat F-22 Raptor merupakan bentuk reaksi atas tindakan militer Iran.

Pasalnya, Komando Pusat Militer Angkatan Udara AS menyatakan pengiriman pesawat tempur tersebut bertujuan buat membela pasukan dan kepentingan Amerika Serikat. Nah, lho?

Pesawat F-22 Raptor tentu bukanlah pesawat tempur biasa. Kabarnya nih pesawat ini memiliki kecepatan melebihi kecepatan suara alias kecepatan supersonik. Bahkan, kecepatannya ini melebihi kecepatan pesawat siluman B-2 Spirit lho.

Keunggulannya tersebut belum seberapa. Sebab pesawat yang sangat mahal ini masih menyimpan sejumlah kecanggihan. Pengin tahu apa aja kecanggihan pesawat F-22 Raptor? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini.

Seberapa canggih pesawat F-22 Raptor yang nilai per unitnya US$ 150 juta atau sekitar Rp 2,11 triliun?

Pesawat F-22 Raptor mulai diproduksi tahun 1996 hingga 2011. Pesawat tempur ini pertama kali terbang perdana pada 7 September 1997.

Walaupun dikenal dengan nama Lockheed Martin F-22 Raptor, pembuatan pesawat tempur ini gak cuma melibatkan perusahaan persenjataan Lockheed Martin Aeronautics. Rupanya ada campur tangan Boeing Defense, Space & Security dalam proses produksinya.

Kecanggihan pesawat tempur generasi kelima ini terletak pada penggunaan teknologi stealth atau siluman generasi keempat, kemampuan manuver yang radikal, hingga kemampuan terbang dalam kecepatan supersonik.

Selain itu, pesawat F-22 Raptor punya keunggulan lain, seperti desain aerodinamis, kontrol penerbangan, dan kemampuan sensor yang semuanya canggih. Keunggulan-keunggulannya tersebut jelas bikin pesawat ini dapat menyerang musuh lebih dulu.

Asal tahu aja nih, sensor canggih yang terpasang di pesawat F-22 Raptor memudahkan pilot dalam melacak, mengidentifikasi, menembak, dan mengantisipasi ancaman di udara. Apalagi seperti yang udah diterangkan tadi, pesawat ini punya kecepatan supersonik.

Kecepatan yang bisa dicapai pesawat F-22 Raptor tergolong Mach 2 class. Dengan kata lain, pesawat tempur ini bisa terbang dengan kecepatan maksimum 2.575 km per jam. Hebatnya lagi nih dengan kecepatan yang tinggi tersebut, pesawat ini terbang tanpa terbakar sedikit pun.

Kehebatan lainnya yang terdapat pada pesawat F-22 Raptor ini, yaitu:

  • Penampang radarnya lebih kecil dari lebah sampai gak bisa terdeteksi sama sekali.
  • Radar F-22 Raptor bisa mengubah frekuensi lebih dari 1.000 kali per detik agar gak mudah terdeteksi oleh musuh.

Dengan semua keunggulan tersebut, pesawat F-22 Raptor gak boleh diekspor lho. Pemerintah Amerika Serikat sendiri beralasan larangan ekspor ini buat melindungi teknologi siluman dan fitur teknologi lainnya dalam pesawat tersebut.

Walaupun gak bisa dijual ke luar, pesawat F-22 Raptor diperkirakan punya nilai jual yang mencapai US$ 150 juta atau sekitar Rp 2,11 triliun. Masih kalah mahal dari pesawat B-2 Spirit yang mencapai US$ 2,1 miliar atau sekitar Rp 29,77 triliun.

Baca juga: Lebih dari Rp 700 Miliar! Mewahnya Jenis Pesawat Pribadi yang Dipakai Prabowo ke Brunei

Seperti apa spesifikasi pesawat F-22 Raptor?

Dengan harga jual yang tembus triliunan rupiah, tentunya pesawat F-22 Raptor punya spesifikasi-spesifikasi yang mumpuni. Berikut ini adalah daftar spesifikasi pesawat buatan Lockheed Martin Aeronautics dan Boeing Defense, Space & Security.

SpesifikasiPesawat F-22 Raptor
Panjang sayap (wingspan)13,56 m
Area sayap (wing area)78,04 m2
Panjang (length)18,90 m
Tinggi (height)5,09 m
Berat kosong (weight empty)19.700 kg
Ketinggian maksimum (maximum altitude)2.575 km per jam
Horizontal tail span8,84 m
Engine thrust15.876 kg

Belakangan nih pesawat F-22 Raptor bakal dibekali dua senjata baru, yaitu AIM-9X dan AIM 120-D. Pastinya kedua rudal tersebut bikin pesawat tempur ini makin berbahaya.

Rudal AIM-9X adalah rudal pelacak inframerah yang efektif digunakan dalam pertempuran di udara ataupun serangan ke permukaan. Rudal AIM-9X merupakan generasi baru dari rudal AIM-9 Sidewinder.

Sementara itu, rudal AIM 120-D disebut-sebut sebagai salah satu rudal udara paling modern dan banyak digunakan di dunia. Asal tahu aja nih, kecepatan rudal ini bisa mencapai 4.900 km per jam alias kecepatan supersonik Mach 4.

Kecepatan itu lebih cepat dari kecepatan F-22 Raptor. Ngeri juga ya?

Nah, itu tadi informasi seputar pesawat F-22 Raptor yang diterjunkan Amerika Serikat dan sekarang ini berada di Qatar. Mudah-mudahan aja kedua belah pihak, baik Amerika Serikat dan Iran, bisa selesaikan masalah dengan kepala dingin tanpa harus perang. Semoga! (Editor: Ruben Setiawan)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait