Ingin Berlangganan Internet, Catat Perbedaan Mbps dan MBps

  • Whatsapp
Ingin Berlangganan Internet, Catat Perbedaan Mbps dan MBps
Ingin Berlangganan Internet, Catat Perbedaan Mbps Dan Mbps

Jakarta: Informasi yang dicari saat Anda ingin berlanggan internet biasanya seputar kecepatan paket internet yang ditawarkan dan harganya. Anda mungkin menyadari bahwa ada perbedaan pada kecepatan internet di beberapa penyedia dengan harga yang hampir sama.

Biasanya, ada perbedaan dalam penulisan satuan indikator kecepatan internet, MBps dan Mbps. Ya, letak perbedaannya ada di penulisah huruf “B” di dua indikator besar data yang bisa ditransfer internet atau sering dianggap sebagai kecepatan internet tersebut.

Muat Lebih

Loading...

Anda mungkin berpikir ini sebagai kesalahan atau perbedaan gaya penulisan saja. Faktanya, MBps dan Mbps mempunyai definisi yang berbeda. MBps adalah akronim atau singkatan dari Megabyte per second atau per detik. Sementara Mbps adalah Megabit per second.

Pada dasarnya, bit memiliki ukuran yang lebih kecil dari byte. Dikutip dari Limewire 8 bits sama dengan 1 byte. Artinya, Megabyte (MB) memiliki ukuran delapan kali lebih besar dibandingkan Megabit (Mb). Jadi, data berukuran 8Mb sama dengan 1MB.

Kini, Medcom.id akan membahas kembali mengenai kecepatan internet yang kerap dituliskan dengan MBps dan Mbps. Misalnya, Provider A menyediakan koneksi internet sebesar 8Mbps, artinya mereka menyediakan kecepatan mencapai 1MBps.

Provider B menyediakan kecepatan 64Mbps yang artinya sama dengan 8MBps. Membandingkan keduanya, maka Provider B menyediakan kecepatan internt jauh lebih kencang.

Demi meyakinkannya Anda bisa menggunakan aplikasi penguji kecepatan dan kualitas koneksi internet di smartphone.

Misalnya, Medcom.id menggunakan aplikasi Ookla Speedtest yang juga tersedia dalam format web untuk diakses lewat komputer. Aplikasi ini mendeteksi kecepatan internet dengan satuan Mbps. Sekali lagi, Mbps tidak lebih besar dari MBPS.

Jadi saat Anda terhubung dengan koneksi WiFi atau internet dengan kecepatan belasan hingga puluhan Mbps jangan langsung merasa cepat. Karena koneksi dengan satuan MBps masih jauh lebih kencang.

Setelah mengetahui perbedaan Mbps dan MBps dari Medcom.id maka Anda bisa memiliki catatan berguna saat ditawarkan layanan berlangganan internet. Penyedia layanan internet memang kerap menggunakan perbedaan penulisan Mbps dan MBps sebagai trik untuk memikat calon pelanggannya.

Kini diharapkan Anda bisa lebih jeli saat akan berlangganan dan tidak akan mengeluhkan kondisi apabila koneksi internet Anda tidak kencang seperti yang dijanjikan meskipun angka kecepatannya terlihat besar.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait