India Jadi Negara Pertama Kirim Robot Manusia ke Luar Angkasa

  • Whatsapp
India Jadi Negara Pertama Kirim Robot Manusia ke Luar Angkasa
India Jadi Negara Pertama Kirim Robot Manusia Ke Luar Angkasa

Jakarta: Sebelum manusia, hewan merupakan makhluk Bumi pertama yang dikirim ke luar angkasa. Rusia dan Amerika Serikat diakui sebagai dua negara pencetus penerangan antariksa.

Menurut laporan, sekarang ini, India akan menjadi negara pertama yang menerbangkan pesawat luar angkasa dengan robot manusia. Langkah pemerintahan India terlihat cukup serius.

Muat Lebih

Loading...

Menurut BBC, mereka telah menggelontorkan dana USD1,4 miliar atau sekitar Rp19 triliun kepada lembaga penelitian antariksa. Targetnya menerbangkan manusia ke luar angkasa pada tahun 2022. Caranya dengan memanfaatkan roket terbesar buatan sendiri, bernama the Geosynchronous Satellite Launch Vehicle Mark III atau GSLV Mk-III.

Bekerja sama dengan Angkatan Udara India, agensi luar angkasa India Space Research Organisation (Isro) itu akan melatih 10 astronaut, dan nantinya akan memilih tiga orang untuk diterbangkan.

Jika India berhasil mencapai target ini, mereka akan menjadi negara keeempat yang berhasil meluncurkan manusia ke luar angkasa dari negara sendiri.

Namun, ketimbang hewan, India lebih memilih menerbangkan robot manusia. Tujuannya adalah untuk memahami kondisi tanpa gravitasi dan dampak radiasi ke tubuh manusia di luar angkasa dalam jangka waktu panjang.

“Sebelum orang India ke luar angkasa, dua penerbangan dengan robot manusia akan menguji ketahanan modul kru untuk astronaut nantinya,” kata Chairman Isro K Sivan.

Pada masa awal penerbangan luar angkasa, banyak peneliti yang mengkhawatirkan apakah manusia bisa bertahan hidup di wilayah tanpa gravitasi, ditambah dengan radiasi luar angkasa yang sangat berbahaya.

Berbagai eksperimen pun digarap untuk menciptakan standar keamanan yang sesuai saat terbang ke luar angkasa. Sebelum manusia, beberapa objek menjadi bahan eksperimen dan diluncurkan ke luar angkasa.

Contohnya adalah buah, monyet, anjing, kucing, kura-kura, sampai laba-laba. Kemudian, Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang mengitari Bumi dari luar atmosfer pada tahun 1961. Terakhir kali, penerbangan antariksa dengan manusia dilakukan sendiri oleh AS tahun 2011.

Setelah itu, AS bekerja sama dengan Rusia dalam mengirimkan astronaut menggunakan modul Soyuz. Industri penerbangan antariksa semakin ramai, setelah pada tahun 2014 Elon Musk lewat SpaceX menggandeng Boeing dalam mengembangkan pesawat luar angkasa. Mereka ingin membawa astrounaut ke orbit Bumi langsung dari AS.

Saat ini, Amerika Serikat sedang mengembangkan dua modul untuk astronaut, satu dari SpaceX bernama Dragon, dan satu lagi dari Boeing bernama Starliner. Keduanya dijadwalkan untuk terbang dalam tahap uji coba.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait