Ilmuwan China, Ciptakan Bayi Hasil Rekayasa Genetika

  • Whatsapp

#bayi #rekayasagenetika #penelitian #China

Mantapps.com, Jakarta – He Jiankui, ilmuan asal Southern University of Science and Technology China, akhirnya berhasil ciptakan bayi hasil rekayasa genetika pertama di dunia. Dirinya telah merekayasa gen sepasang bayi perempuan kembar agar imun terhadap HIV.

Muat Lebih

Loading...

Namun jika benar, ini adalah pelanggaran terhadap peraturan ketat terkait pemanfaatan rekayasa genetika pada manusia.

Dikutip Mantapps dari Tech Crunch, Minggu (30/12/2018), Saat ini Pemerintah China telah menghentikan penelitian tersebut. Bahkan He dan keluarganya saat ini berada dalam pengawasan ketat pemerintah China dan menjadi tahanan rumah.

Komisi Kesehatan Nasional China pun menyebutkan bahwa penelitian He telah secara serius melanggar hukum, peraturan dan standar etika China, dan mereka pun ikut menginvestigasi klaim tersebut.

Rekayasa genetika diperkirakan dapat bantu menghindari penyakit turunan dengan menghapus atau mengubah kode genetika bermasalah pada embrio.

Namun, para pakar khawatir modifikasi gen pada embrio dapat membahayakan, bukan hanya bagi bayi tersebut, tapi juga bagi generasi berikutnya yang mewarisi perubahan genetika serupa.

Countributor: Mantapps

Loading...

Pos terkait