Eksperimen Ini Ungkap Rahasia Bagian Dalam Kaleng Minuman Bersoda

  • Whatsapp
Eksperimen Ini Ungkap Rahasia Bagian Dalam Kaleng Minuman Bersoda
Eksperimen Ini Ungkap Rahasia Bagian Dalam Kaleng Minuman Bersoda

Mungkin, bagi sebagian orang, kemasan minuman kaleng bersoda tampak lebih ramah lingkungan ketimbang kemasan plastik. Namun, tahukah kamu, bahwa sebenarnya ada rahasia di dalam kemasan kaleng minuman bersoda?

Muat Lebih

Loading...

Baru-baru ini MEL Science membeberkan apa rahasia yang ada di dalam kemasan kaleng bersoda. Mereka melakukan sebuah eksperimen dan mengunggahnya ke YouTube dalam bentuk video. Percobaan itu menunjukkan bahwa kaleng yang terbuat dari aluminium sebenarnya mengandung plastik. Dan mungkin, kamu juga bisa melakukan eksperimen ini di rumah.

Tapi, perlu diketahui, sebelum kamu melakukan percobaan ini, pastikan kamu menggunakan sarung tangan pelindung, kacamata, dan masker. Selain itu, pastikan pula kamu melakukannya di area yang aman. Sebab, reaksi dalam eksperimen ini akan melepaskan gas hidrogen.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan, eksperimen ini harus dilakukan di bawah pengawasan orang dewasa. Terakhir, jangan coba-coba meminum yang telah digunakan sebagai bahan percobaan dalam eksperimen ini.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Ilustrasi minuman soda Foto: Shutter Stock
Hal yang mesti dilakukan adalah, pertama, bersihkan yang menempel pada kaleng dengan menggunakan . Ketika cat mulai hilang dan kaleng mulai terlihat mengkilap, angkat bagian penarik tutup kaleng, kemudian masukkan batang ke dalam lubang penarik tutup kaleng, lalu tempatkan kaleng di dalam toples, dan biarkan kaleng menggantung di atasnya dengan menggunakan kayu sebagai penyangga.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

Selanjutnya, isi toples dengan cleaner atau larutan pembersih yang mengandung natrium . Biarkan selama dua jam.

Setelah dua jam, keluarkan kaleng dari cairan cleaner, dan kamu akan melihat bahwa aluminium telah larut sehingga meninggalkan plastik tipis dengan minuman yang masih utuh di dalamnya. Kemasan minuman bersoda itu kini jadi terlihat transparan.

Menurut MEL Science, reaksi kimia yang terjadi di sini adalah: 2Al + 2NaOH + 6H₂O = 2Na [Al (OH) ₄] + 3H₂. Kaleng tersebut mengandung aluminium, senyawa yang bereaksi sangat mudah terhadap komponen alkali dalam cleaner.

Lantas, gunanya plastik dalam kaleng ini? Lapisan plastik berfungsi sebagai pelindung untuk menjaga agar kaleng tidak berinteraksi dengan aluminium. Bagaimanapun, beberapa soda bersifat sangat dan bisa menggerogoti logam. Plastik juga membantu untuk menghalangi penyakit yang ditimbulkan dari makanan yang bisa berpotensi merusak kesehatan manusia.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait