China Temukan Cara Ubah Tembaga Menjadi Emas

  • Whatsapp

#emas #teknologi #penemuan #china

Mantapps.com, Jakarta Emas menjadi logam mulia yang saat ini diburu banyak orang dari zaman dahulu hingga saat ini. Selain karena bentuknya yang indah, harganyapun sangat mahal. Untuk mendapatkannya, berbagai cara bisa saja dilakukan.

Muat Lebih

Loading...

Setelah lama melakukan penelitian, ilmuwan asal China akhirnya berhasil mengungkap sebuah penemuan baru yaitu melakukan suatu bentuk alkimia dengan mengubah tembaga menjadi bahan baru yang hampir identik dengan emas.

Dikutip Mantapps dari Nextshark, tim peneliti China diri Institut Fisika Kimia Dalian, Akademi Ilmu Pengetahuan China di Dalian, Profesor DICP, Sun Jian dan rekan-rekannya dilaporkan dapat meniru beberapa sifat seperti emas dengan menembakkan jet gas argon yang panas dan bermuatan listrik ke sasaran tembaga.

Dengan penemuan baru tersebut secara signifikan diharapkan bisa membantu mengurangi penggunaan logam langka dan mahal di pabrik.

Menurut tim peneliti, proses memungkinkan partikel terionisasi yang bergerak cepat untuk melepaskan atom tembaga dari target. Ketika atom-atom mendingin dan mengembun di permukaan alat pengumpul, lapisan tipis pasir dihasilkan.

Bahan pasir yang dihasilkan kemudian ditempatkan di ruang reaksi dan menggunakannya sebagai katalis untuk mengubah batubara menjadi alkohol.

Proses kimia semacam itu dianggap sangat canggih dan sulit sehingga hanya logam mulia yang dapat menangani tugas seperti itu secara efisien. Nanopartikel tembaga mencapai kinerja katalitik yang sangat mirip dengan emas atau perak.

Alhasil, setelah melalui berbagai proses, tembaga akhirnya bisa dirubah menjadi emas.

Countributor: Mantapps

Loading...

Pos terkait