BMW 1-Series Generasi Baru Mendebut Tanpa Penggerak RWD

  • Whatsapp
BMW 1-Series Generasi Baru Mendebut Tanpa Penggerak RWD
Bmw 1 Series Generasi Baru Mendebut Tanpa Penggerak Rwd

BMW gerak roda belakang (RWD) semakin berkurang. Sebelumnya, X1 beralih dari RWD ke gerak roda depan (FWD). Bermunculan pula model baru seperti X2 dan 2-Series Active Tourer yang langsung menganut FWD. Kini BMW 1-Series terbaru malah ikut-ikutan. Menanggalkan RWD yang menjadi favorit selama ini, untuk hijrah format mesin melintang yang terhubung dengan roda depan.

Muat Lebih

Tapi jangan kecewa dulu, varian yang dikenalkan pertama kali adalah BMW M135i xDrive. Menyandang nama xDrive, berarti berpenggerak all-wheel drive (AWD). Walau memakai arsitektur mobil kompak terbaru UKL2 yang rata-rata FWD, hot hatch ini tetap menyalurkan seluruh daya menuju empat roda agar tercipta traksi maksimal dalam berbagai kondisi.

Mesinnya memakai 4-silinder paling bertenaga pabrikan. Walau kapasitasnya cuma 2,0-liter, tenaga dihasilkan mampu tembus 306 hp pada rentang 5.000 dan 6.250 rpm. Torsi juga besar, 450 Nm mulai dari 1.750 rpm sampai 4.500 rpm. Klaim akselerasi 0-100 km/jam hanya butuh 4,8 detik. Kecepatan puncaknya dibatasi 250 km/jam.

Beberapa cara dilakukan para insinyur Munich agar bisa mencapai performa buas ini. Pertama, crankshaft diperkuat lagi dan pakai bearing yang diameternya lebih besar. Pistonnya baru dengan perubahan rasio kompresi dan memodifikasi connecting rod. Turbocharger juga lebih besar plus exhaust manifold dan katup integral diverter.

Tidak hanya menambah output mesin, temperatur exhaust terjaga dan juga efisien. Injektor tak luput kena modifikasi, belum lagi paket pendingin yang ditambah. Tersedia pendingin oli transmisi sendiri, terpisah dengan pendingin oli mesin, fan 850 watt, radiator coolant tersembunyi di wheel arch dan tangki ekspansi diperbesar. Pipa knalpot ganda berukuran diameter 100 mm. Suara sangar diteruskan ke dalam kabin oleh sistem BMW Active Sound Design.

Desain eksterior M135i xDrive sedikit mengecewakan dan tidaklah mengejutkan. Banyak kemiripan dengan BMW X2, terutama wajah dan bokongnya. Hanya saja, dibuat lebih rendah dan buritan pendek untuk menegaskan sebagai hatchback 5-pintu. Belum dapat dipastikan bakal ada model coupe lagi atau tidak seperti model sebelumnya. Yang pasti versi sedannya ada, tapi khusus pasar Cina.

Tentu ada bagian spesial yang ingin ditonjolkan BMW. M135i xDrive satu-satunya model yang memakai BMW kidney grille dengan desain mesh (jala). Polanya dibuat elemen tiga dimensi yang disepuh warna Cerium Grey. Seperti ciri BMW M, beberapa bagian dicat warna hitam glossy. Rear spoiler pun sudah standar sewarna bodi.

Ada dua trim ditawarkan, M Sport dan standar, yang keduanya menggunakan setir M Sport lengkap dengan jok sport Trigon/Sensatec hitam. Berbagai aksesori BMW M bisa saja dipesan sesuai selera masing-masing. Desain dasbor layaknya model-model terbaru BMW, mirip satu sama lain.

BMW M135i xDrive sudah dilengkapi limited-slip differential (LSD) Torsen sebagai standar. Launch Control pun tersedia, siap melontarkan 450 Nm dalam sekejap di gigi pertama. Kombinasi suspensi Sport dan sistem kemudi M Sport dengan rasio tajam, menjamin respons pengendalian yang menggiurkan. (Odi)

Sumber: Netcarshow, BMWblog

Baca Juga: Mercedes-Benz E-Class Meluncur dengan Mesin Terbaru untuk Indonesia



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait