Bisa Pantau Kualitas Udara Surabaya via HP

  • Whatsapp
Bisa Pantau Kualitas Udara Surabaya via HP
Bisa Pantau Kualitas Udara Surabaya Via Hp

Mantapps.com – Pemantauan kualitas udara di Surabaya bakal lebih mudah. Warga metropolis bisa mendapatkan informasi tersebut via gawai. Tidak perlu lagi mencari-cari indeks standar pencemar udara (ISPU) yang ditayangkan lewat videotron di jalan-jalan protokol seperti selama ini.

Muat Lebih

Loading...

Saat ini ada dua videotron yang menayangkan ISPU di middle east ring road (MERR) kawasan Semolowaru dan persimpangan Jalan Pemuda serta Jalan Gubeng. Alat itu penting. Sebab, warga bisa mengetahui apakah udara di Surabaya masih di ambang batas aman atau tidak.

Sayang, alat di kawasan MERR tertutup pohon, dari jauh tidak terlihat. Baru pada jarak sekitar 4 meter, pengguna jalan bisa melihatnya dengan jelas.

Agar warga lebih mudah mengetahui keadaan udara, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya berencana membuat aplikasi mobile yang setiap saat bisa diakses. ”Dengan begitu, warga bisa memantau melalui HP masing-masing,” kata Kasi Pemantauan dan Pengendalian Kualitas Lingkungan Hidup DLH Ulfiani Ekasari.

Menurut Ulfi -sapaannya-, aplikasi tersebut sedang dirancang. Belum bisa dipastikan kapan aplikasi informasi itu siap. ”Selain dari aplikasi, bisa juga memantau lewat website. Tunggu saja, nanti kami umumkan,” ujarnya.

Beberapa hal perlu disiapkan, untuk inovasi tersebut. Salah satunya penambahan stasiun pemantauan cuaca. ”Rencananya, kami bangun satu lagi. Kerja sama dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK),” jelasnya. Alat baru itu akan menambah akurasi pemantauan cuaca dan kualitas udara di Surabaya. Data juga bisa selalu diperbarui (update).

Saat ini Pemkot Surabaya berusaha memenuhi jumlah alat pantau lingkungan. Selain sebagai alat kontrol, perangkat tersebut menjadi sarana edukasi. Harapannya, masyarakat Surabaya bisa lebih melek kualitas lingkungan di kota sendiri.



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait