ASUS VivoBook 14 A412FL, Berbodi Ramping, Ringan, dan Menawan

  • Whatsapp
ASUS VivoBook 14 A412FL, Berbodi Ramping, Ringan, dan Menawan
Asus Vivobook 14 A412fl, Berbodi Ramping, Ringan, Dan Menawan

Jakarta: ASUS bukanlah nama baru di ranah laptop. Mereka punya portofolio luas di berbagai segmen dan tipe produk. Tidak hanya pada segmen gaming yang menjadi kebanggaannya, ASUS turut menghadirkan laptop untuk segmen komputasi kasual melalui lini VivoBook.

Muat Lebih

ASUS VivoBook 14 A412FL mengunggulkan desain modern dengan dimensi ringkas, ringan, serta berbobot ringan. Laptop ini juga tampil menarik berkat dukungan desain bertajuk Ergolift. 

© Lufthi Anggraeni
ASUS menghadirkan laptop dengan suguhan perfoma yang cukup baik dan desain menarik.

Bagaimana soal spesifikasi dan performanya?

Desain

ASUS tampaknya tengah mengunggulkan desain Ergolift. VivoBook 14 A412FL ini turut hadir dengan desain tersebut, serupa beberapa laptop generasi sebelumnya. Desain ini menghadirkan tampilan unik sebab memungkinkan bagian dasar laptop terangkat saat layar dibuka.

Tidak hanya menarik, bagian layar yang terangkat tersebut turut membantu sirkulasi udara sebagai bagian dari sistem pendinginan. Dengan begitu, perangkat diharapkan bisa bekerja lebih baik karena lubang sirkulasi udara tidak bersinggungan langsung dengan permukaan lokasi laptop diletakan.

Selain itu, desain ini menghadirkan derajat kemiringan lebih landai, sehingga dapat menyuguhkan sudut pandang lebih baik saat digunakan pada meja yang posisinya lebih rendah dari posisi duduk Anda.

image medcom© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia
image medcom

ASUS VivoBook 14 A412FL tampil elegan berkat balutan warna abu-abu gelap, yang dinamai Slate Grey. Warna ini turut menghadirkan kesan misterius, sesuai untuk Anda yang ingin tampil lebih profesional.

Selain elegan, ASUS VivoBook 14 A412FL juga desain unik sebab bodi laptop ini terlihat tipis. Meskipun begitu, bagian dasar laptop ini terasa lebih tebal dari kelihatannya. Ini membuat laptop terkesan kokoh saat digenggam.

Kesan elegan layar laptop ini juga dihadirkan pada tampilan layar perangkat dengan ukuran 14 inci, yang didukung oleh bezel berukuran tergolong tipis, terutama pada bezel di masing-masing sisi layarnya.

image medcom© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia
image medcom

Bezel tipis menghadirkan pengalaman menikmati konten yang menyenangkan berkat layar yang terkesan lebih luas. Hanya saja, layar laptop dengan usungan resolusi FHD ini tidak didukung teknologi layar sentuh.

Meskipun memiliki bezel tipis, ASUS masih bisa menyematkan kamera beresolusi HD di tengah bezel layar bagian atas. Namun, kamera untuk video chat ini tampil menyatu dengan bezel, sehingga untuk dapat menemukannya, Anda perlu mencarinya dengan seksama.

Tidak hanya soal layar, kenyamanan menggunakan laptop ini juga dihadirkan oleh keyboard chiclet. Keyboard ini hadir dengan ukuran yang cukup besar, sehingga mengurangi peluang untuk menekan tombol yang tidak diinginkan secara tidak sengaja.

image medcom© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia
image medcom

Tombol pada keyboard laptop ini menyuguhkan umpan balik yang baik. Ia terasa cukup empuk saat ditekan, sehingga tidak menyebabkan ujung jari cepat lelah akibat mengetik dalam jangka waktu lama.

Jarak antara tepi bodi laptop dan keyboard juga cukup luas, sehingga Anda dapat meletakan pergelangan tangan dengan nyaman saat mengetik. Selain itu, rasa nyaman juga dihadirkan oleh trackpad yang responsif.

Fitur dan Performa

Didukung chipset Intel Core i5-8265U quad-core generasi ke-8, ASUS VivoBook 14 A412FL menyuguhkan pengalaman penggunaan tanpa gangguan lag.

ASUS VivoBook 14 A412FL masih berjalan dengan mulus saat saya menggunakannya untuk membuka sejumlah folder dan tab di peramban sekaligus. Laptop sama sekali tidak mengalami perlambatan kinerja.

ASUS mendukung laptop ini dengan RAM yang tergolong besar, yaitu RAM sebesar 8GB DDR4-2400Mhz. Ini turut membantu mempercepat waktu pemuatan aplikasi ataupun folder meski folder berisi banyak file dengan ukuran yang tergolong besar.

Laptop terbaru ASUS ini memiliki interface yang cukup lengkap. Salah satunya adalah MicroSD Card Reader, memungkinkan Anda mengakses dan memindahkan file foto atau video yang disimpan di kartu memori eksternal di ponsel Anda.

image medcom© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia
image medcom

Selain MicroSD Card Reader, ASUS Vivobook A412FL juga didukung sejumlah port lain seperti port USB 3.1 generasi pertama, port USB 3.1 generasi pertama Type-C, port USB 2.0, port combo audio, serta port HDMI.

Selain memanjakan pengguna dengan tampilan layar yang tergolong cerah dan tajam, VivoBook A412FL juga menyuguhkan output audio yang memuaskan untuk menikmati konten multimedia, seperti video atau sekadar alunan musik, berkat fitur ASUS SonicMaster.

Performa yang Asus Vivobook A412FL tergolong baik juga ditampilkan pada hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark PCMArk 10, dengan nilai sebesar 4.109 poin, serta pada pengujian 3DMark Sky Diver sebesar 8.470 poin dan Cloud Gate 12.862 poin.

Menyoal baterai, laptop ini hadir dengan dukungan baterai 2 cell 37WHr dan teknologi pengisian daya cepat. Teknologi ini diklaim ASUS mampu mengisi baterai dari kondisi kosong hingga 60 persen dalam kurun waktu 49 menit.

Sementara itu, pengujian baterai menggunakan aplikasi benchmark menampilkan bahwa Asus Vivobook A412FL memiliki daya tahan baterai tergolong standar, yaitu selama 5 jam. Sedangkan saat digunakan pada kegiatan komputasi sehari-hari, laptop ini dapat bertahan selama sekitar 6 jam.

Kesimpulan

ASUS VivoBook A412FL mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan. Performanya baik tanpa gangguan lag berarti, bahkan di saat perangkat digunakan untuk membuka berbagai aplikasi sekaligus.

Hanya saja, daya tahan baterai dari laptop ini tergolong standar. Bagi pekerja dengan tingkat mobilitas tinggi tergolong, daya tahan baterai yang tergolong singkat ini akan mengharuskan Anda untuk tidak jauh dari stop kontak untuk mengisi daya. Untungnya baterai laptop ini didukung teknologi pengisian daya cepat.

SPESIFIKASIASUS VivoBook A412FL
ProsesorIntel Generasi ke-8 Core i5-8265U Quad-core 
RAM8GB DDR4-2400MHz
Memori InternalSSD 512GB PCIe M.2
Layar14 inci Full HD 1920x1080p
GPUNVIDIA GeForce MX250 VRAM 2Gb GDDR5
Bobot2,5kg
Dimensi322 x 212 x 19,9m
HargaRp11.299.000

 

Plus

  • Desain elegan
  • Keyboard nyaman
  • Layar cerah dan tajam
  • Performa cukup baik

Minus

  • Daya tahan baterai standar

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait