Apple Ejek Proyek Rp12 Triliun Milik Google

  • Whatsapp
Apple Ejek Proyek Rp12 Triliun Milik Google
Apple Ejek Proyek Rp12 Triliun Milik Google

Mantapps.com – Dua raksasa teknologi Amerika Serikat, Apple dan Google, terlibat perang ejekan. Adalah Apple yang mulai mengejek Google lewat papan iklan. Perusahaan berlogo apel digigit ini mengejek proyek kota pintar (smart city) Google di Toronto, Kanada.

Dilansir dari situs HotHardware, Senin, 8 Juli 2019, Apple mengejek Sidewalk Labs, anak usaha Alphabet yang juga induk dari Google, yang berencana membangun sebuah pemukiman urban generasi baru.

Muat Lebih

Papan iklan dengan gambar iPhone itu bertulisan, We’re in the business of staying out of yours. Privacy. That’s iPhone (Kami berada di bisnis yang akan jauh dari Anda. Privasi. Itu iPhone). Lewat tagline ini, Apple menekankan kalau mereka sangat mengutamakan data pribadi pengguna.

Hal ini sangat kontras dengan proyek Sidewalk Labs, yang sebenarnya menjanjikan perumahan dengan harga murah. Namun, di sisi lain, mereka mengumpulkan banyak data warga yang nantinya tinggal di perumahan tersebut.

Anggaran proyek Sidewalk Labs ini diperkirakan mencapai US$900 juta (Rp12,45 triliun). Data-data ini dikumpulkan melalui kamera dan sensor Internet of Things (IoT) yang terpasang di pemukiman tersebut.

Selain itu, kedua teknologi itu secara terus-menerus merekam kebiasaan hidup, serta memanfaatkan data pribadi pengguna untuk merencanakan berbagai hal dalam pembangunan kota pintar.

Kampanye perlindungan data pribadi yang dilakukan Apple ini pertama kali muncul di Las Vegas, Amerika Serikat, tepatnya saat gelaran Consumer Electronic Show (CES) tahun ini.

Saat itu, Apple memasang papan iklan yang bertuliskan, what happen on your iPhone stays on your iPhone, yang merupakan plesetan dari what happens in Vegas stays in Vegas.

Pada Juni 2019, Kepala Eksekutif Sidewalk Labs, Dan Doctoroff mengaku jika mereka akan membuat mode baru dari pertumbuhan inklusif, di mana teknologi canggih dan desain perkotaan berpikir maju untuk mencampai tujuan yang ambisisu dalam peningkatan setiap hal untuk kehidupan.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait