Ada Hujan Meteor Ursid pada 21-22 Desember 2018

  • Whatsapp
hujan-meteor-ursid

#hujan#meteor #ursid Mantapps.com, Jakarta – Akhir 2018, tampaknya akan di tutup dengan fenomena Hujan meteor Ursid. Hujan meteor ini kabarnya akan menyambangi bumi pada 21-22Desember 2018 yang tinggal menghitung hari.

Dikutip, Mantapps dari laman WSB TV, Selasa (18/12/2018) dinamakan Ursid, karena meteor memancar (atau berasal) dari wilayah yang dekat dengan konstelasi Ursa Minor, juga dikenal sebagai Little Dipper. Ursid memang aktif setiap tahun antara 17 Desember dan 24 Desember.

Muat Lebih

Loading...

Sementara partikel meteor berasal dari Comet 8P / Tuttle, yang mengelilingi matahari setiap 14 tahun. Hujan Ursid terjadi ketika komet melewati Bumi dan meninggalkan puing-puing ruang angkasa.

Puncak Hujan meteor ini akan terjadi tengah malam pada hari Jumat, 21 Desember.

Para ilmuwan sebelumnya telah melihat beberapa ledakan Ursid yang kuat. Ledakan Ursid terkuat tercatat pada 1945 lalu, ketika pengamat Eropa melihat 120 meteor perjam.

Bill Cooke, Kepala Kantor Lingkungan Meteoroid NASA mengatakan, bahwa sebuah meteoroid pada dasarnya adalah puing-puing ruang angkasa. Sebagai contoh, remah-remah dariHalley’s Comet adalah meteoroid.

Begitu meteoroid memasuki atmosfir Bumi, mereka menjadi meteor atau yang juga dikenal bintang jatuh. Penampakannya, akan terlihat sangat indah.

Countributor: Mantapps

Loading...

Pos terkait