6 Smartphone Kelas Menengah Ini Pas Untuk Abadikan Momen Lebaran

  • Whatsapp
6 Smartphone Kelas Menengah Ini Pas Untuk Abadikan Momen Lebaran
6 Smartphone Kelas Menengah Ini Pas Untuk Abadikan Momen Lebaran

Mantapps.com, Jakarta – Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran menawarkan momen-momen yang sayang untuk dilewatkan, sehingga setidaknya beberapa perlu tersimpan di perangkat smartphone atau kamera Anda untuk dibagikan atau dinikmati bersama.

Muat Lebih

Loading...

Ponsel kelas menengah bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin beralih dari ponsel low end atau pun bagi penggila gadget yang tak ingin ketinggalan teknologi terkini.

Tempo berusaha merangkum beberapa smartphone kelas menengah yang bisa dijadikan perangkat untuk mengabadikan momen Lebaran Anda, berikut smartphone tersebut:

1. Vivo V15

© Disediakan oleh PT. Tempo Inti Media , TBKVivo V15 dan Vivo V15 Pro

Vivo V15 dirilis di Indonesia Selasa, 5 Maret 2019 di Taman Air Mancur Sri Baduga, Situ Buleud, Purwakarta, Jawa Barat. Smartphone itu dibekali dengan kamera depan yang bisa bersembunyi, juga dilengkapi dengan tiga kamera belakang.

Vivo V15 memiliki layar Ultimate All Screen dengan ukuran 6,53 inci, resolusi 1.080 x 2.340 FHD+, dan aspek rasio 90,5:9. Selain itu, layar tidak dilengkapi notch sehingga 100 persen terlihat luas, dan dilapisi Gorilla Glass 5.

Dengan membawa tagline ‘Vivo V15 Go Up 32 Selfie, Triple Camera’, artinya, kamera depan yang dipasang pada ponsel tersebut memiliki sensor 32 megapiksel. Menariknya, kamera depan Vivo V15 itu disimpan tersembunyi, hanya muncul di sisi atas kanan ketika kamera selfie digunakan.

Sedangkan tiga kamera utama Vivo V15 masing-masing hadir dengan sensor 25 MP, 8 MP dan 5 MP. Baik kamera depan dan belakang, semua sudah dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intellegence.

Kamera Vivo V15 juga dilengkapi dengan berbagai mode seperti AI Body Shaping untuk menyesuaikan bentuk tubuh, Smart Framing yang memberikan suggestion frame yang cocok, AI Face Beauty yang sering digunakan agar muka tirus dan tone wajah lebih halus, serta AI Portrat Lighting yang dibekali dengan pilihan efek pencahayaan.

Vivo V15 dipersenjatai dengan chipset MediaTek Helio P70 yang didampingi kapasitas RAM 6 GB dengan memori internal 64 GB yang bisa diperluas dengan microSD 256 GB. Vivo V15 dibandrol seharga Rp 4,399 juta, pada saat peluncurannya.

2. Vivo V15 Pro

© Disediakan oleh PT. Tempo Inti Media , TBKVivo V15 Pro. Kredit: Telecom Talk

Setelah Vivo V15 biasa, Vivo meluncurkan smartphone penerusnya Vivo V15 Pro di Indonesia. Secara bentuk ponsel pintar itu mirip dengan Vivo V15 biasa, tapi Vivo V15 Pro ditanamkan sensor sidik jari di layar.

Vivo V15 Pro dipersenjatai dengan chip Snapdragon 675, chip tersebut didampingi dengan kapasitas RAM/memori internal 6GB/ 128GB. Kapasitas ruang penyimpanannya bisa diperluas dengan microSD hingga 256GB.

Smartphone ini memiliki ukuran layar 6,4 FHD+ Super AMOLED. Dengan bobot 185 gram, ponsel memiliki dimensi 157,25×74,71×8,21 milimeter. Vivo V15 tanpa notch dengan ukuran layar dan tingkat kontras 10 juta berbanding satu. Layar juga memiliki sensor sidik jari dengan kecepatan lebih baik dari sebelumnya, hanya 0,37 detik. Vivo V15 Pro hadir dengan dua varian warna yang terlihat cantik, Topaz Blue dan Coral Red,

Vivo membekalinya dengan kapasitas daya baterai 3700 mAh dan teknologi dual-engine fast charging. Perbedaan mencolok dari yang sebelumnya adalah, Vivo V15 Pro memiliki sensor sidik jari yang ditanam di layar. Dari segi kamera, masih sama, menggunakan kamera depan yang bisa bersembunyi bersensor 32MP.

Dan tiga kamera utama, masing-masing 48MP sebagai sensor utama, sensor wide-angle 8MP dan sensor tambahan 5MP. Pop-up camera Vivo V15 Pro ini hadir dengan mekanisme otomatis yang tersembunyi. Kamera akan muncul hanya dalam 0,46 detik ketika menggunakan fitur kamera depan.

Serta telah melewati beberapa uji ketahanan terhadap benturan sebanyak 300 ribu kali untuk memastikan keandalan dan kinerjanya. Pafa saat peluncurannya Vivo V15 Pro dibanderol seharga Rp 5,699 juta untuk RAM 6GB/ 128GB.

3. Samsung Galaxy A50

© Disediakan oleh PT. Tempo Inti Media , TBKSamsung Galaxy A50 (Samsung)

Samsung Galaxy A50 meluncur lebih dulu dibandingkan Galaxy A70 di Indonesia pada 23 Maret 2019. Ponsel pintar ini memiliki layar FHD+ berukuran 6,4 inci Infinity-U Super AMOLED dengan resolusi 2340×1080 piksel, screen-to-body ratio 84,9 persen, dan aspek rasio 19,5:9, dilapisi Corning Gorilla Glass 3.

Didesain dengan bentuk 3D Curved Edge Design, Galaxy A50 disenjatai dengan chip Exynos 9610 berteknologi 10 nanometer. Chip tersebut didampingi dengan dua varian kapasitas RAM/memori internal yakni 4GB/64GB dan 6GB/ 128GB.

Dari segi kamera, Galaxy A50 juga memiliki tiga kamera utama dengan masing-masing sensor 25MP f/1.7, ultra-wide 8MP f/2.2 dan 5MP f/2.2 dan kamera depan bersensor 25MP beraperture f/2.0. Selain itu kapasitas daya baterai juga lebih rendah yaitu 4.000 mAh.

Samsung juga sudah membekali Galaxy A50 dengan sistem keamanan fingerprint di dalam layar. Juga dilengkapi dengan fitur assistant Bixby dan aplikasi pembayaran terbaru Samsung Pay yang dikembangkan oleh developer lokal.

Galaxy A50 sudah dibekali fast charging 15W, dengan USB type C, serta menjalankan sistem operasi Android 9.0 atau Pie. Dari segi harga Samsung Galaxy A50 untu RAM 4GB/ 64GB dihargai Rp 4,099 juta dan kapasitas 6GB/128GB dilabeli Rp 4,899 juta.

4. Samsung Galaxy A70

© Disediakan oleh PT. Tempo Inti Media , TBKSamsung Galaxy A70 (Samsung)

Samsung Galaxy A70 dirilis di Indonesia, awal bulan ini, Selasa, 7 Mei 2019. Galaxy A70 hadir dengan tampilan Infinity-U berukuran 6,7 inci Full HD+ Super AMOLED, dengan layar terluas dalam portofolio Galaxy A saat ini. Desain ramping dan ergonomis, serta rasio tampilan 20:9 menghadirkan pengalaman menonton menonton konten lebih baik.

Galaxy A70 hadir dengan fitur unggulan seperti tiga kamera yang terdiri dari kamera utama beresolusi 32MP f/1.7, lensa Ultra Wide 8MP f/2.2 dan Depth Lense 5MP f/2.2. Sedangkan kamera depan memiliki sensor 32MP beraperture f/2.0. Tiga kamera Galaxy A70 telah ditingkatkan, mampu mengambil gambar secara maksimal dengan kombinasi Depth Lense dan Scene Optimizer.

Baterai 4.500 mAh merupakan kapasitas data terbesar untuk seri A, dengan kemampuan Super-Fast Charging 25W untuk mendukung aktivitas live lebih lama. Galaxy A70 sudah menjalankan sistem operasi Android terbaru 9.0 atau Pie.

Namun, ada yang berbeda dari Galaxy A70 dan seri lainnya. Ponsel pintar terbaru ini disenjatai dengan chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 675, dengan fabrikasi 11 nanometer, tidak seperti seri A lain yang dipasang Exynos. Chip tersebut didampingi dengan kapasitas RAM dan memori internal masing-masing 6 gigabita (GB) dan 128 GB yang bisa diperluas dengan microSD 512 GB.

Tersedia dalam tiga warna yaitu Biru, Hitam dan Putih, Galaxy A70 memiliki efek prisma yang stylish dengan warna gradasi, tergantung pada arah cahaya dan pantulan. Ponsel pintar ini akan dibanderol seharga Rp 5,799 juta.

5. Oppo F11 Pro

© Disediakan oleh PT. Tempo Inti Media , TBKOppo F11 Pro edisi Avengers: End Game. (OPPO)

OPPO F11 Pro hadir dengan terobosan baru dalam desain yang menerapkan keindahan warna gradasi. F11 Pro hadir dengan layar Full HD + berukuran 6,5 inci, smartphone itu hadir dengan layar LCD IPS dengan tanpa notch dan bezel tipis di sekelilingnya.

Desain yang diambil OPPO terinspirasi dari estetika alam yang diterapkan bahan dan teknis pengerjaan OPPO F11 Pro. Pertama warna Thunder Black perpaduan warna merah dan biru menjadi warna hitam klasik seperti meteor. Kedua ada warna Aurora Green yang terinspirasi warna samudera biru yang terhubung dengan benua hijau.

OPPO F11 Pro dibekali dengan kamera depan tersembunyi. Kamera tersebut akan muncul hanya ketika kita menggunakannya untuk berselfie. Kamera memiliki sensor 16 megapiksel. Sedangkan di bagian belakang OPPO memasang dual kamera bersensor 48 plus 5 megapiksel. Kamera sudah dibekali dengan teknologi AI.

Kamera OPPO F11 Pro juga sudah dipasang teknologi Ultra Night Mode dan Color Mapping. Teknologi tersebut memanfaatkan kecerdasan buatan dan pengurangan multi-frame noise, punya stabilisasi genggam dan meningkatkan rentang dinamis.

Smartphone tersebut ditenagai dengan chipset MediaTek Helio P70 yang berdaya rendah yang bisa memonitor daya smartphone dan mengoptimalkan kinerja aplikasi. Chip tersebut didampingi dengan kapasitas RAM 6 GB dan memori internal 64 GB yang bisa diperluas dengan microSD.

Untuk kapasitas daya baterai OPPO membekalinya dengan daya 4000 mAh, lebih tinggi dari generasi sebelumnya. OPPO F11 Pro mengoperasikan ColorOS 6.0 berdasarkan sistem operasi Android Pie. OPPO F11 Pro dilabeli Rp 4,999 juta.

Dengan daya baterai 4000 mAh, OPPO juga memasang teknologi pengisian daya VOOC yang diupgrade. VOOC Flash Charge 3.0 pada OPPO F11 Pro memanfaatkan algoritma FFC terbaru yang dapat mempersingkat pengisian daya baterai hingga 20 menit. Jadi, pengisian daya dari 0 hingga 100 persen hanya butuh waktu 80 menit.

6. Realme 3 Pro

© Disediakan oleh PT. Tempo Inti Media , TBKRealme 3 Pro (Realme.com)

Realme 3 Pro hadir dengan layar dewdrop notch berukuran 6,3 inci dan bezel tipis 1,55mm, yang menawarkan rasio screen-to-body mencapai 90,8 persen sehingga memberikan keluasan pandang pada layar. Layarnya juga sudah dilindungi oleh Gorilla Glass generasi 5 sehingga tidak perlu khawatir tergores.

Smartphone ini disenjatai dengan chip Snapdragon 710 dengan arsitektur delapan inti Kryo yang memungkinkan ponsel mencapai kecepatan hingga 2.2 GHz. Realme 3 Pro juga dibekali dengan chip grafis Adreno 616 yang menjamin visual yang nyata.

Realme 3 Pro dilengkapi dengan user interface Color 6.0 dengan konsep tanpa batas, yang menyesuaikan tata letak UI, warna, font dan aspek lain, sehingga memungkinkan antarmuka pengiriman lebih efisien.

Dari segi kamera, Realme 3 Pro dipasang dual kamera belakang yang menggunakan kombinasi Sony IMX519 bersensor 16 MP plus 5 MP dengan aperture f/1.7. Sedangkan kamera depannya, memiliki sensor 25 MP aperture f/2.0.

Realme 3 Pro dibekali dengan kapasitas daya baterai 4.045 mAh, cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna seharian. Baterai tersebut juga bisa diisi dengan teknologi pengisian daya VOOC 3.0 dengan daya 20W (5V4A), yang bisa mengisi dari 0 persen hingga 50 persen dalam waktu 30 menit.

Untuk harga, smartphone Realme 3 Pro hadir dengan dua varian, RAM dan memori internal 4GB/64GB dihargai Rp 2,999 juta dan 6GB/128GB dibanderol Rp 3,699 juta.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait