6 Smartphone Android Terbaik Harga Rp 4 Juta Sampai Rp 5 Jutaan

  • Whatsapp
6 Smartphone Android Terbaik Harga Rp 4 Juta Sampai Rp 5 Jutaan

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Smartphone Oppo F11 Pro. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran sudah di depan mata. Jika kamu sudah lama menabung untuk membeli smartphone baru, namun uangnya belum mencukupi, ini adalah saat yang tepat. Sisihkan sedikit dana itu untuk membeli smartphone baru.

Muat Lebih

Loading...

Smartphone terbaru yang rilis sejak awal 2019 sampai pertengahan tahun ini, membawa perubahan signifikan dibandingkan produk pada satu atau dua tahun yang lalu. Smartphone masa kini mengejar desain layar penuh dan beberapa sudah pakai kamera pop-up.

Kumparan punya daftar smartphone dengan rentang harga Rp 4 juta sampai Rp 5 juta yang mungkin bisa menjadi pilihan kamu. Berikut daftarnya.

1. Oppo F11 Pro

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

Berbicara kemampuan kamera smartphone, Oppo F11 Pro bisa masuk pertimbangan. Smartphone ini mempromosikan kameranya untuk fotografi rendah cahaya, sementara kamera depannya mengusung desain pop-up.

Keunggulan:

Oppo F11 Pro menggunakan teknologi kamera depan pop-up beresolusi 16 MP. Kamera depan F11 Pro itu bisa naik-turun secara otomatis dan tahan banting sampai 6 tahun. Sementara, kamera depan berukuran 48 MP dan 5 MP dengan lensa depth sensor. Ukuran layarnya 6,5 FHD+ LCD yang luas.

Oppo F11 Pro menggunakan prosesor Mediatek Helio P70 Octa-core. Sistem operasinya menggunakan Android 9.0 Pie dan antarmuka ColorOS 6 yang mudah digunakan dengan sejumlah fitur dan ikon baru. Kapasitas baterai Oppo F11 Pro berkapasitas 4.000 mAh yang didukung teknologi pengisian daya super cepat VOOC Flash Charge 3.0.

Kelemahan:

Di balik semua kecanggihan yang ditawarkan Oppo F11 Pro ada sedikit kekurangannya. Smartphone ini tidak dilengkapi teknologi NFC, masih menggunakan MicroUSB, dan tidak tahan air juga debu.

Harga:

– Oppo F11 Pro RAM 6 GB/64 GB dijual Rp 4,999 juta.

2. Xiaomi Pocophone F1

Pocophone F1 Foto: Jafri Anto/kumparan© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Pocophone F1 Foto: Jafri Anto/kumparan

Saat peluncurannya, smartphone ini langsung mencuri perhatian. Bisa dibilang, Xiaomi Pocophone F1 menjadi smartphone flagship pertama Xiaomi yang masuk resmi di Indonesia.

Keunggulan:

Xiaomi Pocophone F1 dibekali cip prosesor Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core yang didukung dengan pilihan RAM 6 GB/64 GB dan RAM 6 GB/128 GB. Ia tangguh untuk bermain game. Smartphone ini berjalan dengan sistem operasi Android 8.1 dan antarmuka MIUI 9.6 yang dikemas dengan Poco Launcher.

Ada layar IPS LCD 6,18 inci dengan notch yang menyematkan kamera depan beresolusi 20 MP, lengkap dengan sistem pengenalan wajah infrared atau face unlock. Di bagian belakang bodinya, Pocophone F1 memiliki kamera ganda yang masing-masing beresolusi 12 MP dan 5 MP. Kapasitas baterainya cukup besar, yakni 4.000 mAh, yang mendukung fast charging 9V/2A (Quick Charge 3.0) dan port USB Type-C.

Kelemahan:

Xiaomi Pocophone F1 masih menggunakan material plastik yang membuat desain kurang maksimal. Kemudian, smarpthone ini tidak support teknologi NFC.

Harga:

– Xiaomi Pocophone F1 RAM 6/64 GB dibanderol Rp 4,9 juta.

– Xiaomi Pocophone F1 RAM 6/128 GB dibanderol Rp 5,3 juta.

3. Vivo V15 Pro

Vivo V15 Pro. Foto: Dok. Vivo© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Vivo V15 Pro. Foto: Dok. Vivo

Vivo V15 Pro hadir di Indonesia melengkapi seri V15 yang telah terlebih dahulu diluncurkan pada Maret. Smartphone ini mengandalkan kemampuan kamera depannya yang bisa naik-turun atau pop-up.

Keunggulan:

Kamera depan dengan resolusi 32 MP memiliki ketahanan 300 ribu kali naik-turun atau 5 tahun dan kuat dengan beban 15 kilogram. Selain itu, ada tiga kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 48 MP, 8 MP ultra-wide, dan 5 MP depth sensor.

Smartphone ini ditenagai Qualcomm Snapdragon 675 AIE dan kapasitas baterai yang besar, 4.000 mA,h dan dukungan fitur Dual-Engine Fast Charging. Ukuran layarnya 6,39 inci Super AMOLED beresolusi 1080 x 2316 pixel.

Kelemahan:

Bodi Vivo V15 Pro mudah kotor oleh sidik jari karena berbahan polycarbonate. Kemudian, smartphone ini masih memakai port MicroUSB dan belum bisa NFC.

Harga:

– Vivo V15 Pro RAM 6/128 GB dibanderol Rp 5,7 juta.

4. Samsung Galaxy A50

Smartphone Samsung Galaxy A50. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Smartphone Samsung Galaxy A50. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan

Samsung kembali menghadirkan smartphone yang andal untuk kelas menegah dengan fitur-fitur terkini. Dengan seri Galaxy A series, Samsung mengandalkan fitur utama pada layar, kamera, hingga baterai yang cocok dengan segmen pasar anak muda.

Keunggulan:

Galaxy A50 ditenagai cip buatan Samsung, yakni Exynos 9610 Octa Core (10nm) dengan pilihan pilihan RAM 4 GB dan 6 GB, serta memori internal 64 GB dan 128 GB. Layarnya berukuran 6,4 inci Super AMOLED dibalut Corning Gorilla Glass 3. Ada sensor sidik jari di dalam layarnya fitur Face Unlock.

Samsung Galaxy A50 punya tiga kamera belakang: kamera utama 25 MP, kamera 8 MP dengan lensa ultra wide, dan kamera 5 MP dengan depth sensor. Sementara kamera depan didukung resolusi 25 MP yang sudah memiliki kemampuan bokeh dengan kualitas HDR. Kapasitas baterai 4.000 mAh dengan fitur fast charging dan port USB Type-C.

Kelemahan:

Desain dari Samsung Galaxy A50 kurang kesan mewah. Jika dibandingkan dengan smartphone seri Galaxy A lainnya, tidak ada perbedaan yang mencolok. Smartphone ini juga tidak mendukung NFC.

Harga:

– Samsung Galaxy A50 RAM 4 GB/64 GB dibanderol Rp 4,1 juta.

– Samsung Galaxy A50 RAM 6 GB/128 GB dibanderol Rp 4,9 juta.

5. Samsung Galaxy A70

Samsung Galaxy A70. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Samsung Galaxy A70. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan

Jika masih kurang dengan Galaxy A50, Samsung punya pilihan lainnya yang tidak kalah bagus, Galaxy A70. Saat ini ia menjadi seri tertinggi dari semua jajaran Galaxy A series yang keluar di Indonesia tahun 2019.

Keunggulan:

Samsung Galaxy A70 ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 675 yang cocok untuk gaming dan keperluan sehari-hari dengan RAM 6 GB/128 GB. Smartphone ini memiliki ukuran layar yang luas, 6,7 inci Super AMOLED, dengan desain notch Infinity-U berbentuk huruf “U”.

Dari sektor kamera, Galaxy A70 memiliki tiga buah kamera belakang dengan resolusi masing-masing 32 MP, 8 MP Ultra Wide, dan 5 MP Depth sensor. Sementara kamera depannya beresolusi 32 MP. Smartphone ini juga dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, yakni 4.500 mAh dengan port USB Type-C.

Kelemahan:

Sama seperti Galaxy A50, smartphone ini juga memiliki desain yang sama dengan Galaxy A series lainnya. Bodi belakang mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Harga:

– Samsung Galaxy A70 RAM 6 GB/128 GB dibanderol Rp 5,3 juta.

6. Huawei P30 Lite

Smartphone Huawei P30 Lite. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network
Smartphone Huawei P30 Lite. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan

Huawei memiliki smartphone andalan di pertengahan tahun 2019 ini: P30 series. Meski tidak sebagus P30 Pro dan P30, smartphone P30 Lite memiliki fitur yang menarik.

Keunggulan:

Huawei P30 Lite mengusung layar berukuran 6,15 inci IPS LCD dan dapur pacunya, didukung cip prosesor Kirin 710 dengan sokongan RAM 6 GB dan kapasitas penyimpanan data 128 GB. Kapasitas baterai P30 Lite sebesar 3.340 mAh

Sementara untuk kameranya, smartphone ini menggunakan konfigurasi tiga kamera belakang yang beresolusi 24 MP, 8 MP, dan 2 MP. Di sisi depannya, ada kamera selfie beresolusi 32 MP bagi pengguna yang gemar berselfie ria.

Kelemahan:

Modul kamera P30 Lite tidak didukung lensa Leica seperti P30 Pro dan P30. Sensor fingerprint-nya tidak berada di layar seperti seri P30 yang lainnya, tetapi berada di bodi belakang. Sekilas tampilan Huawei P30 Lite mengesankan seperti smartphone yang mirip seperti seri Nova.

Harga:

– Huawei P30 Lite RAM 6 GB/128 GB dijual dengan harga Rp 4,3 juta.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait