3 Smartphone dengan Kamera Belakang Terbaik

  • Whatsapp
3 Smartphone dengan Kamera Belakang Terbaik

© Cahyandaru Kuncorojati
Kemampuan kamera smartphone terbaik biasanya hanya ada di smartphone kelas high-end atau flagship.

Muat Lebih

Loading...

Jakarta: Banyak faktor yang dipertimbangkan saat membeli smartphone. Salah satu faktor yang juga menjadi persaingan di antar produsen smartphone adalah kemampuan kameranya. Semua pengguna menginginkan kemampuan kamera smartphone terbaik, terutama kamera belakangnya.

Mengapa kamera belakang? Karena tidak semua orang gemar mengambil foto selfie. Sebagian besar pengguna smartphone ingin memastikan kamera depannya sangat bisa diandalkan.

Hal ini tidak terlepas dari berkembangnya media sosial. Kehadiran media sosial seperti Instagram membuat setiap pengguna smartphone bisa mengasah kemampuan fotografi.

Diakui bahwa kemampuan kamera smartphone memang tidak akan bisa mengalahkan kemampuan kamera full frame seperti SLR/DSLR. Namun, banyak fotografer profesional yang mengakui kualitas kamera smartphone saat ini sudah bagus.

Berikut ini Medcom.id memberikan beberapa pilihan smartphone dengan kemampuan kamera belakang terkait. Pilihan ini diambil dari daftar pengujian yang sudah dilakukan oleh DxOMark. DxOMark merupakan organisasi independen yang melakukan pengujian kamera secara mendalam lewat serangkaian tes.

1. Huawei P30 Pro

Smartphone ini menduduki posisi pertama dengan skor pengujian tertinggi dari DxOMark. Huawei P30 Pro di Indonesia sudah dirilis beberapa bulan lalu dan menjadi salah satu smartphone yang banyak dibicarakan.

image medcom© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia
image medcom

Huawei P30 Pro memiliki skor DxOMark 112 untuk kemampuan kamera belakangnya, mengalahkan Samsung Galaxy S10 dan Apple iPhone XS Max. Smartphone ini memiliki empat lensa kamera belakang yang juga masih setia dengan dukungan sertifikasi Leica.

Kamera pertamannya mengusung resolusi 40MP lensa wide-angle. Kamera kedua beresolusi 20Mp menggunakan lensa ultra-wide angle. Kamera ketiganya mengusung resolusi 8MP dengan lensa telephoto. Kamera keempat adalah lensa teknologi Time of Flight yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan efek 3D atau bokeh sangat sempurna.

Kehadiran lensa wide angle dan lensa telephoto tersebut membuat Huawei P30 Pro membuat kamerang bisa melakuakn zoom optik 5x dan zoom digital hingga 10x bahkan 50x. Sejauh ini baru smartphone ini yang memiliki kemampuan maksimal tersebut.

DxOMark memuji kemampuan kamera belakang Huawei P30 Pro karena mampu menyediakan ketajaman dalam kondisi minim cahaya dan kemampuan autofocus yang sangat cepat. Saat menggunakan lampu flash hasil foto terutama warnanya masih sangat bangus menurut DxOMark.

2. Samsung Galaxy S10 5G

Di Indonesia, Samsung hanya merilis tiga varian dari Samsung Galaxy S10 beberapa waktu lalu, sementara versi 5G baru hadir di Korea Selatan. Apa perbedaannya dengan versi bukan 5G?

image medcom© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia
image medcom

Apabila Samsung Galaxy S10 dan variannya hanya memiliki tiga kamera belakang, Samsung Galaxy S10 5G justru memiliki empat kamera seperti Huawei P30 Pro.

Samsung Galaxy S10 5G di daftar DxOMark memiliki skor 112, namun ditaruh di peringkat kedua setelah Huawei P30 Pro. Smartphone ini memiliki kamera belakang pertama beresolusi 12MP, kedua 16MP lensa ultra wide-angle, ketiga adalah lensa telefoto 12MP, dan keempat lensa TOF seperti di Huawei P30 Pro.

DxOMark menyebut kualitas kamera belakang Samsung Galaxy S10 5G memiliki kemampuan fokus yang sangat cepat dengan kualitas warna dan white balance yang baik. Namun kemampuan zoom yang dimiliki tidak bisa menghasilkan kualitas foto yang melebihi Huawei P30 Pro.

3. One Plus 7 Pro

Merek smartphone One Plus memang sudah lama angkat kaki dari Indonesia. Namun merek yang masih bersaudara dengan Oppo dan Vivo ini masih aktif merilis smartphone di luar negeri. Terbaru adalah One Plus 7 Pro yang menduduki posisi ketiga terbaik menurut DxOMark dengan skor 111.

One Plus 7 Pro mampu berada di posisi ketiga terbaik dalam daftar pengujian DxOMark mengandalkan tiga kamera belakang saja. Kamera belakangnya memadukan lensa 48MP, lensa utra-wide angle 16MP dan lensa telefoto 8MP.

image medcom© Disediakan oleh PT Citra Multimedia Indonesia
image medcom

Menurut DxOMark kemampuan kamera belakang One Plus 7 Pro juga tergolong sangat bagus karena mampu menyajikan kualitas warna yang kaya dan akurat serta kemampuan autofocus yang cepat.

Meskipun tidak memiliki kemampuan zoom optik 5x seperti Huawei P30 Pro, kemampuan zoom optik 3x dari smartphone ini disebut DxOMark masih bagus. Karena kualitas foto hasil zoom masih terlihat tajam, berbeda dengan kualitas dari Samsung Galaxy S10 5G.

Melihat ketiga smartphone yang ditawarkan merupakan jajaran smartphone flagship maka kemungkinan harganya tidak berada di bawah Rp10 juta. Harga yang dianggap mahal oleh konsumen sebetulnya masih masuk akal, karena kemampuan canggih kamera smartphone memang hanya akan dihadirkan pada seri flagship.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait