Termasuk Rio Haryanto, Hanya Ada 3 Pembalap F1 dari Asia Tenggara

  • Whatsapp
Termasuk Rio Haryanto, Hanya Ada 3 Pembalap F1 dari Asia Tenggara
Termasuk Rio Haryanto, Hanya Ada 3 Pembalap F1 Dari Asia Tenggara

INDOSPORT.COM – Presiden Joko Widodo meminta Sirkuit Mandalika di Lombok juga dikembangkan untuk menyelenggarakan balapan Formula 1, selain MotoGP.

Namun jika menyelenggarakan Formula 1 masih berupa wacana, tidak dengan kiprah pembalap Indonesia di ajang jet darat ini. Tim Merah Putih sempat mengirimkan Rio Haryanto, yang membawa harum nama bangsa ke ajang F1.

Muat Lebih

Loading...

Namun selain Rio Haryanto, tahukah Anda Asia Tenggara pernah punya pembalap F1 sebelumnya? Berikut INDOSPORT merangkum tiga pembalap F1 yang berasal dari Asia Tenggara, dikutip dari Seasia.

Prince Birabongse Bhanudej Bhanubandh (Thailand)

Thailand menjadi negara Asia Tenggara pertama yang punya pembalap mobil. Adalah Prince Birabongse Bhanudej Bhanubandh atau yang akrab disebut Prince Bira, yang melakoni balapan mobil pada era 1950-an.

Memiliki keturunan garis biru Siam (kini Thailand), Prince Bira dikirim ke Inggris untuk bersekolah. Di sinilah ketertarikan di dunia otomotif muncul. Pertama kali ia balapan bersama tim sepupunya, Prince Chula yang bernama White Mouse Racing pada 1935.

Lalu ia mulai balapan di Formula 1 dan Grand Prix untuk tim Maserati, Gordini, dan Connaught. Pada Olimpiade 1960, Prince Bira bahkan berkompetisi melawan pembalap F1 lainnya, Roberto Mieres.

Hingga saat ini, Prince Bira menjadi satu-satunya orang Thailand yang pernah mencicipi kompetisi F1.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait