Pilihan Skutik Retro yang Tak Semahal Vespa

  • Whatsapp
Liputan6.com
Pilihan Skutik Retro Yang Tak Semahal Vespa

Mantapps.com, Jakarta – Vespa maupun Lambretta dipastikan menggoda para pecinta motor bergaya retro. Sayangnya, harganya cukup mahal. Setidaknya Anda harus siapkan dana Rp 40 jutaan untuk memboyong salah satu motor merek Italia ini.

Muat Lebih

Loading...

Bagaimana dengan Peugeot Django? Sama saja. Harganya bahkan lebih tinggi. Lalu motor gaya klasik apa yang bisa dipinang dengan harga lebih terjangkau?

Kymco Like 150i

Alternatif pertama jatuh pada Kymco Like 150i. Motor yang baru saja diluncurkan pada IIMS 2019 itu, memiliki banyak fitur menarik. Cukup mengeluarkan dana Rp 28,8 juta OTR, Anda bisa merasakan sensasi naik skuter berparas klasik.

Penampilannya benar-benar senada dengan Vespa. Dari mulai shield depan, sepatbor hingga tepong yang membulat sampai ke buritan. Begitupun tata letak lampu di depan. DRLnya menyatu dengan sein di shield. Lalu headlamp dibungkus dengan batok plastik yang menyambung menutupi sebagian setang.

Desain lampu utama sebetulnya mirip dengan Piaggio Liberty. Berbentuk segitiga terbalik. Sedangkan di belakang, model stoplamp punya identitas tersendiri. Untuk urusan pencahayaan, semua sudah LED. Tentu saja, kualitas penerangan lebih baik dan hemat energi.

Memperkuat tema klasik, kelir disediakan dalam lima pilihan menarik. Ada Pearly White, Mat Silver Crystal, Bright Red, Deep Blue dan Plain Grey. Semua itu dikombinasi dengan pelek palang sporty berlabur hitam-silver. Tentu saja, dalam balutan ban berdiameter kecil, 12 inci. Sedangkan lebar dan tebalnya sebesar 110/70 di depan serta 130/70 di belakang.

Nah, bagian paling menarik adalah fiturnya. Di dalam layar instrumen digitalnya tertera beragam informasi lengkap semacam speedometer, fuel gauge, odometer, volt meter, indikator ABS, indikator suhu mesin dan peringatan service. Sampai di situ saja? Tentu tidak. Navigasi, konektivitas smartphone, hingga kondisi cuaca sanggup ia sajikan. Pun radar untuk melacak Kymco yang sama. Seluruh sistem ini disebut Noodoe oleh mereka. Terakhir, tampilannya juga bisa dipersonalisasi sesuai selera.

Dari segi teknis, tak bisa dianggap remeh. Mesin 149,8cc SOHC 4-valve sanggup melontarkan tenaga 13,5PS di 8.500rpm dan torsi 10.2 Nm pada 6.500rpm. Output ini bisa dikatakan setara dengan kawan-kawannya dari Negeri Pizza. Untuk menjaga suhunya juga sudah dibekali pendingin cairan. Dan tentu saja, tenaga ditransfer oleh transmisi CVT.

Beranjak ke mekanisme pengendalian. Suspensi teleskopik menopang di depan dan di belakang mengandalkan suspensi ganda. Sedangkan perangkat penahan laju, diatasi oleh rem cakram 220mm di roda depan dan 200mm di belakang. Sensor ABS satu channel juga menjaga agar ban depan tidak terkunci saat pengereman keras.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait