Otomotif Sumbang Pendapatan Tunas Group, Capai Rp 13,4 Triliun di 2018

Otomotif Sumbang Pendapatan Tunas Group, Capai Rp 13,4 Triliun di 2018

JAKARTA, 9 Mei 2019 Bisnis otomotif masih menjadi penyumbang utama pendapatan dan laba PT Tunas Ridean Tbk (Tunas Group). Tunas Group meraih pertumbuhan positif sepanjang 2018 di tengah-tengah persaingan yang ketat di industri otomotif.

Pendapatan bersih Tunas Grup untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018 sebesar Rp 13,4 triliun naik 4% dari tahun sebelumnya. Hal ini membuat laba yang didistribusikan kepada pemegang saham mencapai Rp 560,2 miliar atau naik 18%.

Sektor otomotif memberikan sumbangan terbesar. Laba Grup dari bisnis otomotif naik 21% menjadi Rp 292,9 miliar, disebabkan oleh meningkatnya marjin dari perdagangan mobil dan kenaikan penjualan unit motor. Pasar mobil nasional naik 7% menjadi 1,2 juta unit meski penjualan mobil Grup turun 6% menjadi 48.326 unit dikarenakan intensitas persaingan.

Pasar motor nasional naik 8% menjadi 6,4 juta unit. Sedangkan penjualan sepeda motor Grup yang terutama berlokasi di Sumatra naik 11% menjadi 248.857 unit.

Dari sektor bisnis rental, kontribusi laba naik 12% menjadi Rp 69,7 miliar, terutama disebabkan oleh keuntungan yang lebih tinggi dari pelepasan atau penjualan armada. Armada rental sedikit meningkat menjadi 8.634 unit.

Sedangakan perusahaan asosiasi yang 49% sahamnya dimiliki Grup, Mandiri Tunas Finance, memberikan kontribusi laba sebesar Rp 197,6 miliar, naik 15% dari tahun lalu. Jumlah pembiayaan baru meningkat sebesar 22% menjadi Rp 27,0 triliun.

PT Tunas Ridean merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Mereka mengoperasikan jaringan outlet penjualan dan layanan purna-jual merek otomotif ternama melalui PT Tunas Ridean Tbk (Tunas Toyota), PT Tunas Mobilindo Perkasa (Tunas Daihatsu), PT Tunas Mobilindo Parama (Tunas BMW), PT Tunas Asset Sarana (layanan mobil bekas BMW Premium Selection), PT Rahardja Ekalancar (Tunas Isuzu), PT Tunas Dwipa Matra dan PT Asia Surya Perkasa diler utama sepeda motor Honda untuk wilayah Lampung dan Bangka Belitung.

Selain itu Tunas Grup mengoperasikan layanan penyewaan kendaraan dan pengelolaan armada jangka pendek dan jangka panjang melalui PT Surya Sudeco (Tunas Rental). Hingga saat ini, jaringan Grup Tunas Ridean memiliki 157 outlet/sales pint/service center di kota-kota strategis di seluruh Indonesia. Sementara Mandiri Tunas Finance sebagai perusahaan asosiasi memiliki 102 kantor pembiayaan yang tersebar di Indonesia.

RAJU FEBRIAN

Klik disini untuk masuk ke sumber berita

Pos terkait