Menguji Konsumsi BBM All New Nissan Livina di Jalur Mudik

  • Whatsapp
All New Nissan Livina. TEMPO/Wawan Priyanto
Menguji Konsumsi Bbm All New Nissan Livina Di Jalur Mudik

Muat Lebih

Loading...

Mantapps.com, Jakarta – Hampir semua produsen otomotif mengklaim produknya hemat bahan bakar. Tidak ada yang mengklaim boros bahan bakar. Nah, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menguji seberapa boros tunggangan kita. Satu di antaranya adalah dengan membawanya berkendara sampai bahan bakar di dalam tangki habis, seperti yang saya lakukan terhadap All New Nissan Livina.

Kebetulan, pada mudik Lebaran, 30 Mei hingga 8 Juni, saya mengendarai All New Nissan Livina untuk mudik Lebaran ke Solo, Jawa Tengah. Sekaligus melaporkan situasi terkini puncak arus mudik dan arus balik untuk Tempo.co.

Nah, kesempatan ini saya manfaatkan untuk menguji seberapa irit konsumsi bahan bakar All New Nissan Livina dalam arti sesungguhnya. Yakni untuk perjalanan jauh (mudik Lebaran) dengan kondisi jalanan beragam, mulai dari macet, padat, hingga lancar jaya (bisa ngebut). Tentu, dengan beban yang tidak ringan karena menampung 4 orang dengan bagasi penuh.

Baca juga: Ini Perbedaan All New Nissan Livina dengan Xpander, Pilih Mana?

Jakarta-Semarang Sekali Isi Bensin
All New Nissan Livina, kembaran Mitsubishi Xpander, ini memiliki tangki dengan kapasitas 45 liter bensin. Saya mengisi penuh bahan bakar bensin RON 92 dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Rest Area KM 6A Tol Jakarta-Cikampek pada 30 Juni 2019 pukul 6.30 WIB, waktu di mana saya bersama istri dan dua anak saya memulai perjalanan dari Jakarta menuju Solo. Odometer yang menunjukkan angka perjalanan saya reset ke angka “0”.

Beban kendaraan bisa dibilang cukup berat, meski tak sampai memuat 7 penumpang, karena penumpang hanya 4 orang, tapi kursi baris ketiga direbahkan untuk menampung barang bawaan. Tercatat ada tiga tas besar berisi pakaian, tiga kardus besar besar isi bingkisan lebaran, satu koper besar, peralatan memasak, dan sebagainya.

Bagasi lapang All New Nissan Livina dapat dimaksimalkan dengan melipat kursi baris ketiga. TEMPO/Wawan Priyanto

Beruntung kursi baris ketiga bisa direbahkan hingga rata sehingga memudahkan kami menata barang bawaan semaksimal mungkin tanpa harus mengganggu pandangan pengemudi ke kaca belakang.

Putar balik di Jatiwaringin, Jakarta Timur, lalu masuk tol arah Cikampek. Perjalanan pagi itu mulus tanpa hambatan. Tarikan mesin 1.500 cc dengan tenaga 104PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm mulai terasa sejak diputaran bawah. Lari 80 kilometer per jam hingga 100 kilometer per jam pun terasa ringan.

Baca juga: All New Nissan Livina Berpotensi untuk Ekspor

Hanya saja, menjelang Rest Area KM 19, perjalanan kami mulai tersendat. Di rest area itu banyak pemudik yang antre ingin masuk beristirahat atau mengisi bahan bakar. Karena di dalam rest area tidak lagi mampu menampung kendaraan pemudik, jadilah sebagian besar nekad parkir di bahu jalan. Hal inilah yang membeat Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek sebagai titik awal kemacetan arus mudik Lebaran 2019.



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait