Kiat menyalurkan hobi fotografi di pameran otomotif

  • Whatsapp
Kiat menyalurkan hobi fotografi di pameran otomotif
Kiat Menyalurkan Hobi Fotografi Di Pameran Otomotif

Jika kita mendatangi sebuah pameran otomotif, dapat dipastikan akan menemukan beberapa orang yang membawa kamera beserta lensanya. Mereka belum tentu wartawan foto, beberapa di antaranya adalah pengunjung biasa yang ingin menyalurkan hobinya untuk memotret.

Pameran otomotif seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar bulan ini memang memiliki banyak obyek foto yang menarik. Mobil-mobil yang dipamerkan saja sudah menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih jika ada mobil konsep, yang biasanya memiliki desain futuristis dan berbeda dari yang lain.

Muat Lebih

Belum lagi obyek foto lain seperti para Sales Promotion Girl (SPG) dan suasana ramai yang bisa menjadi foto menarik dengan genre Human Interest. Selain itu, penyelenggara pameran biasanya mengadakan lomba foto dengan hadiah menarik, yang bisa menjadi penyemangat dalam menghasilkan foto yang bagus. Inilah beberapa kiat untuk memotret di pameran otomotif.

Bawa perlengkapan secukupnya

Pameran otomotif seperti GIIAS biasanya dipenuhi pengunjung, apalagi jika kita datang pada hari libur. Dalam suasana ramai, ada baiknya kita membawa perlengkapan foto seperlunya saja. Akan repot jika Anda harus menggonta-ganti lensa atau memasang tripod dalam keramaian.

Anda bisa memadukan satu kamera dengan satu lensa zoom, atau satu kamera dengan sebuah lensa sudut lebar dan sebuah lensa tele. Lensa lebar dapat digunakan untuk memotret full body sebuah kendaraan di area sempit, sementara lensa tele dipakai untuk memotret kegiatan pameran dari jarak jauh.

Perlengkapan lain seperti tripod dan flash sifatnya opsional, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan saja. Jadi, Anda tidak perlu membawa perlengkapan berlebihan.

Pengaturan kamera

Memotret pameran otomotif itu susah-susah gampang. GIIAS yang diadakan di dalam ruangan merupakan tantangan tersendiri. Pencahayaannya memang relatif terang, tapi tetap saja ISO yang cukup tinggi diperlukan agar kecepatan rana tidak melambat.

Gunakan kecepatan rana setidaknya 1/60 detik. Diafragma (bukaan) lensa juga sebaiknya diturunkan menjadi F5,6 ke bawah, agar foto tetap tajam dalam seluruh frame.

Untuk menanggulangi ini, gunakan ISO yang agak tinggi, ketimbang memaksakan dengan kecepatan rana lambat, yang berujung foto menjadi buram atau tidak jelas. Lagipula, ISO tinggi (di atas 800) pada kamera digital era modern sudah relatif bagus dengan kadar noise yang hanya sedikit.

Datang lebih awal

Suasana pameran yang ramai akan menambah tingkat kesulitan saat memotret. Orang yang lalu lalang bisa menjadi penambah suasana menarik dalam foto, tapi bisa juga mengganggu jika kita ingin memotret secara rapi. Untuk menghindarinya, sebaiknya datang sepagi mungkin agar lokasi pameran masih sepi dan Anda dapat lebih leluasa bergerak mencari sudut foto terbaik.

Komunikasi yang sopan

Mentang-mentang kita bawa kamera, bukan berarti semua orang harus minggir atau menuruti kehendak kita ketika memotret.

Misalnya, jika ada orang yang menghalangi Anda saat memotret sebuah mobil, sebaiknya dibicarakan baik-baik. Demikian juga ketika meminta SPG untuk berpose. Utarakan dengan sopan dan jangan lupa ucapkan terima kasih setelah memotretnya.

Demikian kiat-kiat yang harus diperhatikan dalam memotret sebuah pameran otomotif. Saat berburu foto, mungkin Anda malah tertarik untuk membeli mobil baru di GIIAS.

Jika Anda berencana membeli mobil baru, jangan lupa untuk melengkapinya dengan perlindungan asuransi. Pada era digital ini, pendaftaran dan proses klaimnya sudah sangat mudah, semuanya dapat diakses melalui aplikasi dari gawai, seperti yang ditawarkan Garda Oto Digital.

Anda juga bisa dengan mudah mendaftarkan kendaraan Anda, memantau klaim, antar jemput kendaraan menuju bengkel yang telah Anda tentukan, hingga melaporkan dan mengecek polis asuransi yang dimiliki.

Tak hanya itu saja, Garda Oto Digital memberikan kemudahan pembayaran dengan cicilan 0 persen bagi pemegang kartu kredit. Dengan berbagai kepraktisan itu, #TauGitu Anda tidak perlu bingung untuk memberikan perlindungan pada mobil. Lebih lengkap tentang Garda Oto Digital bisa dilihat melalui tautan ini.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait