Jumlah Dealer Mitsubishi yang Terima Servis Mobil Renault Bisa Bertambah – Berita Otomotif

  • Whatsapp
Jumlah Dealer Mitsubishi yang Terima Servis Mobil Renault Bisa Bertambah
Jumlah Dealer Mitsubishi Yang Terima Servis Mobil Renault Bisa Bertambah Berita Otomotif

JAKARTA – Renault mengatakan dealer Mitsubishi di Indonesia yang menerima servis mobil-mobil mereka di masa depan bisa saja bertambah lagi karena keduanya merupakan aliansi. Apalagi, agen tunggal pemegang merek (ATPM) Renault yang baru di negeri ini juga salah satu mitra dealer Mitsubishi.

Muat Lebih

Loading...

Setelah berganti ATPM  pada awal 2019, Renault menerapkan strategi yang bisa terbilang unik di pasar otomotif Tanah Air. Mereka menggandeng empat dealer Mitsubishi di Medan, Pekan Baru, Bekasi, dan Cinere sebagai ‘Renault Service Point’ agar para konsumen bisa melakukan perawatan berkala maupun perbaikan di sana.

Dealer Renault sendiri hingga kini berjumlah 5 dan seluruhnya masih berada di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Sebanyak empat di antaranya memiliki fasilitas 3S (sales, service, spare parts) dan satu sisanya hanya 1S (sales).
Davy J. Tuilan, Chief Operating Officer PT. Maxindo Renault Indonesia (MRI), menjelaskan alasan pertama hal itu bisa terjadi adalah karena aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi. Faktor kedua, adalah Maxindo Nusantara Group yang menjadi induk perusahaan MRI juga merupakan salah satu partner dealer Mitsubishi di Nusantara.“Nusantara Maxindo Group itu menangani banyak merek. Salah satunya adalah Mitsubishi,” ujarnya.

Pembicaraan kerja sama dealer sendiri, cerita Davy, cukup ‘ramai’ dan panjang. Pihak yang dilibatkan pun bukan sekadar ATPM kedua mereka di sini.

“Diskusi ini sampai ke level Asia Pasifik. Jadi Renault dan Mitsubishi Asia Pasifik waktu itu bertemu. Begitu mereka sudah oke, pembicaraan baru turun ke bawah. Biar pun cuma empat bengkel lho, ya. Tapi inilah bisnis,” tandasnya. 

Bisa Bertambah
Davy menerangkan bahwa Renault tentu ingin membangun dealer plus bengkel resmi mereka sendiri dan pada 2019 mereka menargetkan memiliki total 16-19 dealer. Namun, penambahan jaringan butuh proses dan mereka pun memanfaatkan ikatan aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi. Kerja sama ini juga di-review setiap tahun.

“Nanti kalau kami masih butuh maka akan kami perpanjang. Kalau kemungkinan penambahan ada, tapi saat ini belum dispesifikkan. Kami lihat dari perkembangan unit in operation Renault ke depannya,” papar dia.

Sabung Priyadi, Aftersales Director MRI, menambahkan jumlah dealer Mitsubishi milik Maxindo Nusantara Group sebenarnya lebih dari yang Renault manfaatkan saat ini. Akan tetapi, empat titik yang kini ada dipilih berdasarkan riset mengenai persebaran para pemilik Renault sekarang.

“Kami melihat persebaran pengguna Renault saat ini di mana. Sekarang pengguna Renault yang kami tahu sekarang lebih banyak di area-era itu. Medan, Cinere, Pekan Baru, Bekasi. Jika ada yang perlu kami dukung, kami akan review lagi,” jelas Sabung. [Xan/Ari]

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait