Wanita Ini Bisa Melahirkan Setelah 10 Tahun Koma

  • Whatsapp

#wanita #hamil #melahirkan #koma

Mantapps.com, Jakarta – Seorang wanita asal Amerika Serikat sempat menghebohkan dunia. Pasalnya dalam keadaannya koma selama 10 tahun, bisa melahirkan seorang anak.

Muat Lebih

Loading...

Dr Deborah Feldman dari Hartford HealthCare Medical Group menyebut kejadian tersebut sangat langka. Namun ia pernah mendengar dua atau tiga kasus yang sama sejak dua dekade lalu.

Ia pernah menangani seorang wanita yang 20 tahun lalu terserang stroke dan mengalami mati otak saat trimester kedua kehamilannya dan kemudian bisa melahirkan seorang bayi.

Dr Feldman juga mengatakan, seringnya bayi-bayi yang lahir dengan keadaan seperti itu malah sehat dan kuat. Karena dirawat secara alamiah. Dalam kasus wanita ini, organ-organnya masih bias bekerja dan fertilitas juga ada.

Sementara soal melahirkan tentu saja tak mungkin saat tak sadarkan diri. Dr Feldman menyebut pilihannya bisa memberikan obat lewat infus untuk menguatkan kontraksi cukup kuat untuk mendorong bayi keluar dan dokter akan menggunakan alat sedot (vacuum) untuk membantu. Metode C-section memang mudah, namun risikonya lebih tinggi karena merupakan operasi bedah.

Saat koma, tidak diketahui apakah staf rumah sakit menyadari kehamilan pasien hingga akhirnya melahirkan.

Countributor: Mantapps

Loading...

Pos terkait