Viral Diet ala Edsa Estella, Berhasil Turunkan 54 Kg dalam 2 Tahun

  • Whatsapp
Viral Diet ala Edsa Estella, Berhasil Turunkan 54 Kg dalam 2 Tahun
Viral Diet Ala Edsa Estella, Berhasil Turunkan 54 Kg Dalam 2 Tahun

Mantapps.com – Seorang pengguna Twitter Edsa Estella, melalui akunnya @sangpisank, membagikan pengalamannya ketika berhasil menurunkan berat badan sebanyak 54 kg selama 2 tahun.

Dalam twitnya, Edsa menceritakan bahwa usahanya dimulai dari hal kecil terlebih dahulu, dan juga ia juga rutin melakukan fitness dan menerapkan pola hidup sehat.

Muat Lebih

Loading...

Banyaknya angka yang berhasil ia kurangi, membuat warganet tertarik ingin menyimak bagaimana usaha Edsa dan upaya-upaya apa saja yang dilakukannya hingga ia mendapatkan berat badan yang diinginkan dengan cara yang sehat.

Empat tahapan diet sehat

Edsa membagi tips dietnya menjadi empat tahapan sesuai dengan proses pengurangan berat badan yang dialami oleh pelaku diet.

Untuk tahap I, ketika Edsa menurunkan berat badannya pada angka 107 kg menjadi 90 kg. Berikut tipsnya:

  1. Banyak minum air putih untuk membantu pencernaan dan mengurangi berat badan
  2. Kurangi porsi makanan
  3. Banyakin makan sayur agar rasa kenyang lebih lama
  4. Berusaha aktif, yakni dengan jalan kaki santai
  5. Olahraga, bisa dengan tari zumba/aerobic/dance modern yang direkomendasikan untuk fitness

Untuk tahap 2, saat berat badan ingin diturunkan dari 90 kg menjadi 70 kg. Tipsnya antara lain:

  1. Bergabung gym dan bisa dengan mengikuti kelas kardio (melatih kinerja jantung).
  2. Mengganti makanan, untuk makanan/minuman dengan kadar gula tinggi bisa diganti dengan makanan.minuman yang rendah gula
  3. Banyakin makan protein, dengan mengonsumsi protein badan bisa lebih kencang dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama
  4. Atur pola makan, jika bosan dengan menu makanan sehat, bisa mengalokasikan makanan junkfood pada malam hari namun tetap dikontrol porsinya

Untuk tahap 3, ketika berat badan pada angka 70 kg ingin turun menjadi 53 kg, biasanya perubahan secara fisik mulai kentara. Bisa juga dengan melakukan tips berikut:

  1. Mengecek kadar kalori, untuk mengetahui berapa kadar kalori yang dibutuhkan tubuh bisa mengunjungi situs caloriecalculator.net atau unduh aplikasi myfitnesspal.
  2. Mengencangkan sisa kulit setelah berat badan menyusut dengan workout, seperti plank, push up, squat, sit up, dan lainnya.
  3. Kurangin Kardio, pada tahap ketiga tubuh diprioritaskan untuk membentuk massa otot selain mengencangkan badan, bisa juga mempercepat metabolisme tubuh.
  4. Kasih perhatian lebih ke menu diet, bisa dengan mengatur komposisi makanan, lemak, protein, dan karbohidrat.
  5. Istirahat minimal 7 jam sehari, agar badan ada kesempatan untuk pulih dan tumbuh.
  6. Jadwalkan waktu workout dan waktu makan, agar memanfaatkan khasiat pada makanan yang nantinya bisa menjadi tenaga ketika workout.

Untuk tahap 4, yakni menaikan berat badan menjadi massa otot yang awalnya 53 kg menjadi 65 kg. Berikut tipsnya:

  1. Porsi makan ditambah secara bertahap, bisa dengan makan banyak dengan makanan yang sehat. Hindari gorengan, santen, dan gula yang terlalu manis.
  2. Banyakin makanan dengan asupan protein, agar badan berisi dan tetap kencang, selain itu bermanfaat juga agar bentuk tubuh tidak buncit.
  3. Jadwalkan makan bebas seminggu dua hari, meski bisa makan makanan kesukaan dengan frekuesi lebih sering, tentu diperbolehkan setelah workout agar gizi masuk ke otot.
  4. Latihan lebih keras, setelah selesai diet dan terbiasa dengan gym (lebih bertenaga), maka tentang dirimu dengan mengangkat beban yang makin berat.
  5. Kurangi olahraga kardio, meski dikurangi, namun olahraga kardio tetap dilakukan. Hanya saja frekuensi kegiatannya diturunkan menjadi seminggu 2 kali, bisa dengan basket atau futsal.

Selain itu, Edsa juga mengungkapkan bahwa selama perjalanan dirinya membentuk tubuh lebih sehat dan lebih baik, ia juga belajar untuk menghargai orang, belajar menyayangi diri sendiri, dan belajar memahami diri sendiri.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait