Usai Berpuasa Sebulan Penuh, Jaga Stamina di Hari Lebaran dengan Tips Simpel Ini

  • Whatsapp
Usai Berpuasa Sebulan Penuh, Jaga Stamina di Hari Lebaran dengan Tips Simpel Ini
Usai Berpuasa Sebulan Penuh, Jaga Stamina Di Hari Lebaran Dengan Tips Simpel Ini

USAI menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh, Hari Raya Lebaran merupakan momen yang paling dinantikan.

Muat Lebih

Dimana pada hari lebaran merupakan momen penuh kebahagiaan dengan berkumpul bersama keluarga besar. Tentunya di momen bahagia tersebut kamu tak ingin terganggu lantaran tiba-tiba sakit. Untuk itu kamu harus menjaga tubuh kamu agar tetap bugar disaat lebaran.

Caranya cukup mudah. Selain memenuhi tubuh dengan suplen vitamin ada beberapa tips simpel yang bisa membuat tubuhmu dihari lebaran tetap bugar, seperti yang dilansir dari laman Go-Dok.

1. Atur Pola Makan

Atura pola makanmu menjadi normal kembali usai berpuasa (foto: pixabay/einlandung_zum_essen)

Tips yang pertama yakni mengatur pola makan. Karena usai sebulan penuh berpuasa kamu mengalami perubahan pola makan, momen lebaran waktu yang tepat untuk memperbaikinya menjadi pola yang ideal.

Dalam hal ini yang dimaksud seperti mulai pagi hari dengan sarapan, dan sudahi makan malam 2 jam sebelum tidur. Selain itu jangan lupa untuk mengonsumsi menu yang sarat akan vitamin dan mineral, khususnya sayur dan buah.

2. Jangan ‘Balas Dendam’

Jangan makan berlebihan disaat lebaran (Foto: pixabay/life-of-pix)

Biasanya momen lebaran merupakan ajang berkumpulnya sanak saudara serta makanan lezat yang sangat menggoda. Mulai dari opor ayam, gulai kambing, kue manis, puding, brownies dan sebagainya memenuhi meja makan. Melihat hal itu, rasanya tak sabar ingin melahap semuanya.

Namun, jagalah hawa nafsu kamu, jangan sampai kalap disaat menu lebaran. Karena berbagai sajian menu lebaran yang serba manis, bisa berisiko meningkatkan kadar gula darah maupun memicu timbulnya penyakit diabetes.

Selain itu makanan serba santan pun bisa memicu hipertensi dan asam urat. Jadi sebaiknya jangan jadikan momen lebaran untuk ‘balas dendam’ yah guys, jangan makan berlebihan.

3. Penuhi Asupan Air Minum

Mengonsumsi air mineral 8 gelas sehar, sangat menyehatkan bagi tubuh (foto: pixabay/baudolino)

Tips sehat disaat lebaran, yaitu dengan memperhatikan asupan air minum. Tak sedikit yang mengeluhkan mengalami gangguan sulit buang air besar ketika menjalani ibadah puasa. Hal itu lantaran tubuh kurang terhidrasi oleh air mineral 8 gelas sehari, dan memilih es sirup sebagai menu buka puasa.

Padhala, selain bisa menjauhkan kamu dari gangguan sembelit, mengonsumsi air mineral pun bisa menjaga kelembapan tubuh serta membuat kulit wajah tetap kencang. Dengan rutin mengonsumsi air putih hangat usai makan, juga dipercaya bisa melunturkan sisa lemak yang berasal dari makanan kamu.

4. Olahraga Rutin

Olaharaga rutin bisa menjaga stamina kamu agar tetap fit (Foto: pixabay/skeeze)

Tips untuk sehat disaat lebaran yaitu berolahraga secara rutin. Jika kamu tak sempat melakukannya ketika menjalankan ibadah puasa, saat lebaran waktunya mengembalikan performa tubuh.

Yaitu dengan berolahraga ruti 3-4 kali seminggu. ESlain menyehatkan, juga mampu menjaga berat badan kamu yang sempat turut pada saat menjalakan ibadah puasa kemarin.

5. Jangan Begadang

Begadang bisa timbulkan risiko gangguan kesehatan (foto: pixabay/masashiwakui)

Biasanya momen berkumpul dengan keluarga besar ketika lebaran tiba, sangatlah mengasyikan. Biasanya momen itu dijadikan sebagai pelepas rindu dan saling berceria. Hingga membuat waktu terasa begitu cepat berlalu hingga larut malam.

Baca juga:

Langkah Jitu Mencegah Kenaikan Berat Badan Disaat Libur Lebaran, Dijamin Ampuh!

Sebaiknya hindari begadang. Karena sejumlah risiko gangguan kesehatan, bisa muncul akibat terlalu sering begadang. Dari mulai sakit kepala, menurunnya daya tahan tubuh dan konsentrasi, memicu rasa lapar, hingga obesitas serta penyakit diabetes. Jadi pastikan tubuh kamu bisa beristirahat 7-8 jam setiap harinya yah guys. (Ryn)



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait