Tips Tetap Hidup Sehat Meski Sibuk Bekerja

  • Whatsapp

Belum lagi banyak risiko yang mengincar seseorang di usia 30an ke atas apabila ketika muda tidak menerapkan gaya hidup yang sehat.Oleh karena itu, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan setiap hari untuk menjaga tubuh tetap sehat meskipun sibuk bekerja:

Kesibukan di kantor membuat sebagian orang menjadi malas untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Waktu yang telah tersita seharian di kantor dan di jalanan membuat orang tidak peduli terhadap kesehatan tubuh.

Muat Lebih

Hal ini dapat membuat tubuh mudah pegal, letih, kekebalan tubuh menurun sehingga tubuh mudah terserang berbagai macam penyakit. Belum lagi banyak risiko yang mengincar seseorang di usia 30an ke atas apabila ketika muda tidak menerapkan gaya hidup yang sehat.

Oleh karena itu, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan setiap hari untuk menjaga tubuh tetap sehat meskipun sibuk bekerja:

1. Tetap rutin sarapan

Banyak pekerja kantoran dan karyawan yang justru menghindari sarapan karena takut terlambat ke kantor maupun merasa tidak bisa sarapan. Padahal, sarapan merupakan waktu vital bagi seseorang untuk memulai hari.

Sarapan sangat dianjurkan karena dapat memberikan asupan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas harian secara maksimal. Dengan sarapan, tubuh Anda juga menjadi lebih produktif dalam menjalankan pekerjaan.

Selain itu bagi Anda yang sedang diet, sebenarnya sarapan adalah saat makan yang tidak boleh Anda lewatkan. Hal ini dikarenakan sarapan dapat mengurangi keinginan Anda untuk ngemil selama bekerja.

Menu sarapan sehat yang sebaiknya Anda pilih adalah yang mengandung karbohidrat, serat, vitamin, mineral dan protein yang cukup.

2. Konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral alami yang baik bagi tubuh. Selain itu, dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan, sistem metabolisme dalam tubuh juga semakin lancar sehingga sangat cocok bagi Anda yang sedang diet.

Konsumsi buah sebelum berangkat ke kantor dapat meningkatkan mood selama bekerja.

Sebaiknya pilih buah dan sayur yang kaya serat seperti buah pir, papaya, pisang dan jeruk. Kandungan serat dalam buah dan sayur sangat bermanfaat untuk membersihkan saluran pencernaan serta membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Mengurangi makanan sumber lemak

Makanan seperti makanan cepat saji memang memiliki citarasa yang enak dan dapat mengenyangkan perut. Sayangnya, makanan cepat saji mengandung lemak dan penyedap rasa yang terlalu banyak sehingga tidak baik untuk dikonsumsi.

Konsumsi makanan cepat saji juga tidak baik untuk metabolisme tubuh. Meski Anda merasa kenyang, namun sel dalam tubuh Anda sebenarnya masih lapar akan nutrisi yang dibutuhkan.

4. Berolahraga

Menurut pakar kesehatan, waktu minimal yang harus diluangkan setiap harinya untuk berolahraga adalah selama 30 menit. Berolahraga rutin setiap hari sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berolahraga juga membantu tubuh membakar kalori yang tersimpan sehingga tubuh menjadi lebih segar dan sehat. Jika Anda benar-benar tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga di luar jam kantor, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan tangga dibanding menggunakan lift.

Selain itu, Anda juga bisa memilih berjalan kaki dibanding menggunakan kendaraan pribadi.

5. Konsumsi air mineral

Jumlah air putih ideal yang harus diminum setiap hari adalah sebanyak 8 hingga 9 gelas setiap hari. dengan mengkonsumsi air mineral yang cukup, tubuh akan lebih segar dan sehat dalam beraktivitas.

6. Perhatikan postur tubuh

Postur tubuh sangat mempengaruhi kesehatan ketika bekerja. Postur tubuh yang tidak baik dapat membuat tulang menjadi mudah pegal dan kaku. Dengan membiarkan tulang belakang rileks dapat membuat ketegangan berkurang serta pernapasan menjadi lebih teratur.

7. Cukup tidur

Meski sibuk, usahakan untuk tetap mendapatkan jumlah tidur harian yang mencukupi. Optimalnya, durasi tidur orang dewasa adalah selama 7 hingga 8 jam.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Rata-rata penilaian: 4,2 berdasarkan 564 ulasan

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait