Tips Merawat Payudara Agar Sehat

  • Whatsapp
Cara Merawat Payudara Agar Tetap Sehat Dan Kencang
Cara Merawat Payudara Agar Tetap Sehat Dan Kencang

Bagaimanakah cara untuk merawat payudara agar tetap sehat? Berikut ini adalah tips untuk merawat payudara agar tetap sehat dan juga ciri-ciri payudara sehat.

Payudara merupakan organ penting bagi seorang wanita. Oleh sebab itu wajib untuk terus memelihara payudara agar tetap sehat. Lantas, Bagaimanakah cara untuk merawat payudara agar tetap sehat?

Muat Lebih

Loading...

Berikut ini adalah tips untuk merawat payudara agar tetap sehat dan juga ciri-ciri payudara sehat.

Tips menjaga payudara tetap sehat

1. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan

Banyak penyakit yang menyerang payudara seperti kanker payudara dan tumor. Salah satu cara untuk menjaga agar payudara tetap sehat adalah dengan melakukan gaya hidup sehat.

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan payudara.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya antioksidan. Kandungan antioksidan sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang dapat memicu kanker pada tubuh.

Dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan Anda dapat menurunkan risiko terserang penyakit seperti kanker dan tumor.

2. Rajin berolahraga

Berolahraga rutin merupakan salah satu faktor kunci untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk payudara. Salah satu faktor yang memicu terserang kanker payudara adalah obesitas atau kelebihan berat badan.

Oleh karena itu, berolahraga rutin dapat menurunkan risiko obesitas sehingga menurunkan risiko kanker payudara.

Para ahli kesehatan menyarankan Anda untuk berolahraga sekurang-kurangnya 30 menit setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, dari mulai olahraga kardio, latihan kelenturan dan sebagainya.

3. Beristirahat yang cukup

Mendapatkan tidur yang berkualitas sangat penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan tetap bugar. Ketika tidur, racun-racun di dalam tubuh Anda akan diproses di dalam hati untuk dihilangkan.

Otak Anda pun akan membuang seluruh zat-zat beracun yang menumpuk sehingga dapat membuat tubuh lebih sehat. Dengan tidur yang cukup dan berkualitas, Anda bisa mendapatkan payudara sehat dan juga kencang.

4. Jauhi minuman beralkohol dan merokok

Menghindari pola hidup yang tidak sehat adalah gerbang pertama untuk mendapatkan payudara yang tetap sehat.

Salah satu gaya hidup tidak sehat yang bisa memicu timbulnya gangguan pada payudara adalah merokok dan juga minum minuman beralkohol.

Sebuah penelitian menunjukkan wanita yang mengkonsumsi alkohol hingga dua gelas perhari memiliki risiko lebih tinggi terserang kanker payudara ketimbang mereka yang tidak mengkonsumsi alkohol.

Rokok juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan seseorang terserang penyakit kanker termasuk kanker payudara.

5. Menyusui ketika memiliki anak

Risiko kanker payudara juga dapat dipicu oleh kelahiran anak pertama yang terjadi di usia setelah 30 tahun. Oleh sebab itu, wanita disarankan untuk setidaknya memiliki anak pertama sebelum berusia 30 tahun.

Selain melahirkan, menyusui anak ketika dilahirkan juga sangat penting untuk menurunkan risiko penyakit kanker payudara.

Kenali ciri-ciri payudara sehat

1. Tidak ada benjolan

Pastikan tidak ada benjolan pada payudara. Apabila Anda menemukan ada benjolan yang tidak hilang sampai 6 minggu di dekat ketiak, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Benjolan ini bisa jadi kanker maupun kista jinak.

2. Bentuk dan ukuran normal

Ukuran pada payudara antara kanan dan kiri bisa jadi berbeda dan ini hal yang normal. Namun, jika Anda menemukan bahwa tiba-tiba ukuran payudara Anda berubah mendadak seperti membengkak, segera periksakan diri ke dokter.

3. Tidak mengeluarkan cairan

Wanita bisa mengeluarkan cairan pada payudaranya hingga dua tahun setelah menyusui. Cairan seperti ASI juga bisa keluar sebelum menopause dan ini normal.

Namun, apabila payudara berdarah atau muncul cairan tidak biasa pada salah satu payudara bisa jadi ini merupakan ciri gangguan tertentu.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Rata-rata penilaian: 4,6 berdasarkan 989 ulasan

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait