Tips Menu Sahur bagi Ibu Hamil Ala Praktisi Kesehatan Ibu dan Anak

  • Whatsapp
Tips Menu Sahur bagi Ibu Hamil Ala Praktisi Kesehatan Ibu dan Anak - Lifestyle

indopos.co.id – Ibu hamil (bumil) tak usah khawatir untuk tetap menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan. Meskipun bumil tidak diharuskan untuk puasa saat hamil. Selama bumil telah melakukan pemeriksaan dan dokter menyatakan sehat, maka bumil diperbolehkan berpuasa Ramadhan.

Muat Lebih

Tentunya ada tips dan trik khusus bagi bumil ketika memilih menu baik saat berbuka puasa maupun saat sahur selama bulan Ramadhan.

Praktisi kesehatan ibu dan anak Novi Maharani memberikan tips pemilihan menu sahur bagi bumil berikut. Pertama, pilih makanan yang mengandung protein dan lemak untuk takaran yang cukup memadai.

Novi yang telah belasan tahun berprofesi sebagai bidan di Malang ini menyarankan sebaiknya bumil banyak menambahkan konsumsi daging ke dalam menu sahur.

“Pasalnya, daging merupakan makanan dengan kandungan kalori dan protein yang cukup tinggi dan bisa disimpan tubuh dalam waktu cukup lama,” ujar Novi di Malang, Jawa Timur, Kamis (16/5/2019).

Tips kedua, sambung alumni kebidanan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang ini adalah masukkan menu makanan yang kaya vitamin C dan seng (zinc) untuk menjaga vitalitas tubuh, utamanya untuk menghindari anemia.

Ketiga, hindari konsumsi makanan manis saat sahur agar bumil tidak merasa lemas dan cepat lapar akibat terjadinya insulin shock.

Penyuka traveling ini menyarankan bumil untuk banyak minum air putih hingga tiba jadwal Imsakiyah. Masukkan juga segelas susu hangat ke dalam menu sahur Anda sehari-hari. “Selain baik bagi pertumbuhan janin, susu juga akan mencegah Anda dari anemia,” katanya.

Novi berharap semoga tips dan trik sederhana ini bermanfaat bagi bumil untuk tetap menjalankan ibadah di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini meskipun sedang hamil. (rmn)

 

 



Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait