Tips Menjaga Pola Makanmu Saat Sibuk Belajar

  • Whatsapp
5 Tips Menjaga Pola Makanmu Saat Sibuk Belajar, Biasakan Yuk!
5 Tips Menjaga Pola Makanmu Saat Sibuk Belajar, Biasakan Yuk!

Mantapps.com – Memasuki awal semester baru dan kesibukan mempersiapkan diri ikut ujian masuk perguruan tinggi tentunya membuat kamu harus ekstra dalam belajar. Tetapi kadang banyak orang yang lupa menjaga kesehatan tubuhnya akibat terlalu sibuk belajar.

Oleh karena itu, pola makan yang sehat dan baik adalah kebutuhan. Selain bisa menjaga kesehatan, makanan juga dapat meningkatkan fokus terhadap tugas yang dihadapi.

Muat Lebih

Kebiasaan makan yang buruk sebelum dan selama ujian akan membuat kamu kekurangan energi baik mental maupun fisik. Berikut ini beberapa tips agar kamu tetap sehat dan optimal selama belajar.

1. Jangan lewatkan waktu makan

unsplash.com/@khamkhor

Ketika kamu sedang asyik memecahkan jawaban dari latihan soal sementara waktu terus berdetak dengan cepat, kamu mungkin lupa bahwa kamu sudah melewatkan jadwal makan malam.

Jangan lakukan itu! Otakmu membutuhkan makanan dan air untuk terus bekerja. Keletihan mental dapat membuat otak menjadi kabur, terutama jika kamu akan mengikuti ujian. Setidaknya nikmati camilan cepat saji, seperti granola bar, apel, atau sandwich rendah lemak.

2. Makan-makanan yang meningkatkan fungsi otak

5 Tips Menjaga Pola Makanmu Saat Sibuk Belajar, Biasakan Yuk!juiceguru.com

Protein dari daging tanpa lemak, ikan dan telur, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan yang membantu menjaga otak tetap waspada secara mental. Ngemil kacang-kacangan dan buah-buahan kering serta menjaga dehidrasi dengan air akan membantu menstabilkan konsentrasi. Ingat, buah seperti pisang, blueberry, dan jeruk semuanya memiliki gula alami yang akan memberimu asupan energi saat kamu merasa stres dan lelah.

3. Makanlah dengan porsi kecil dan lebih sering

5 Tips Menjaga Pola Makanmu Saat Sibuk Belajar, Biasakan Yuk!medicalnewstoday.com

Makan besar cenderung mudah membuat kamu merasa kenyang dan kembung. Gagasan untuk makan tiga kali dalam sehari hanyalah budaya modern dan ada banyak pendapat penelitian ilmiah tentang ini. Namun, biasanya tingkat energi seseorang mulai menipis sekitar 3 jam setelah makan.

Makan sebanyak 5/6 makanan kecil lebih baik daripada makan sebanyak 3 porsi besar. Ini akan menjaga keseimbangan energi kamu sepanjang hari.

4. Jaga agar kafein tetap rendah

5 Tips Menjaga Pola Makanmu Saat Sibuk Belajar, Biasakan Yuk!unsplash.com/@asthetik

Kafein adalah pilihan yang baik dan terbukti membantu meningkatkan konsentrasi. Tetapi terlalu banyak mengkonsumsi kafein akan membuat kamu gelisah dan dehidrasi. Jika kamu seorang pecandu kopi, cobalah mengurangi konsumsinya secara perlahan.

5. Hindari makanan berkadar gula tinggi

5 Tips Menjaga Pola Makanmu Saat Sibuk Belajar, Biasakan Yuk!unsplash.com/@brigittetohm

Hampir semua orang mengonsumsi makanan ringan yang mengandung kadar gula tinggi, seperti muffin, cokelat, atau kue-kue yang biasa dikonsumsi saat stres. Makanan tinggi lemak atau gula membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna oleh perut dan akan membuat kamu mudah merasa lesu sehingga semangat belajarmu juga semakin menurun.

Itulah beberapa tips untuk menjaga pola makan selama kamu sibuk belajar. Semoga bermanfaat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait