Tips Mengeluarkan Air dari Telinga!

  • Whatsapp
Tips Mengeluarkan Air dari Telinga!
Tips Mengeluarkan Air Dari Telinga!

Seusai berenang, pasti ada satu masalah yang sering dialami banyak orang, ya, apalagi kalau bukan telinga yang kemasukan air. Sering kali tanpa sadar saat berenang, air juga ikut masuk ke dalam telinga kita, mengakibatkan ketidaknyamanan bahkan berkurangnya pendengaran akibat telinga tersumbat air.

Telinga yang tersumbat dengan air untuk waktu yang lama akan menyebabkan infeksi telinga, dan penumpukan kotoran telinga. Sangat penting untuk segera membuang air dari dalam telinga, karena mengabaikannya bisa menyebabkan infeksi yang menyebar ke otak dan dapat mengakibatkan sakit kepala, migrain dan sinusitis.

Muat Lebih

Loading...

Ada beberapa cara yang cukup mudah untuk dilakukan agar dapat mengeluarkan air dari telinga. Saat hendak mengeluarkan air, pastikan Anda tidak mengorek saluran telinga dengan alat yang tajam. Hindari juga penggunaan cotton bud karena dapat merusak dinding telinga bahkan juga dapat merusak gendang telinga. Satu lagi, pastikan untuk tidak mengorek telinga dengan jari saat Anda berusaha untuk mengeluarkan air.

Berikut beberapa tips mengeluarkan air yang menyumbat telinga Anda:

Melompat

Ini mungkin terdengar konyol bagi Anda, tetapi melompat bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengeluarkan air dari telinga. Miringkan kepala Anda ke sisi telinga yang kemasukan air. Selanjutnya, lompat lah dengan satu kaki sementara kepala Anda masih dalam keadaan miring. Gerakan ini membantu mengeluarkan air dari telinga Anda. Ini bisa menjadi solusi yang efektif, namun Anda harus melakukannya segera setelah Anda keluar dari kamar mandi.

Gerakkan Rahang Anda

Cara terbaik berikutnya untuk mengeluarkan air dari telinga adalah dengan memiringkan kepala Anda ke satu sisi, lalu, buka dan tutup rahang Anda seperti seolah-olah Anda sedang menguap. Jika Anda melakukan ini selama sekitar 10 menit, ini bisa membantu air untuk lebih mudah keluar dari telinga.

Tidur pada sisi telinga yang tersumbat

Saat hendak tidur, pastikan untuk berbaring di sisi telinga yang tersumbat, sehingga telinga tepat bersentuhan dengan bantal. Tidur dalam posisi ini selama sekitar 30 menit. Tarikan gravitasi alami akan membantu mengeluarkan air dari telinga Anda.

Kunjungi dokter

Jika air masih saja sulit dikeluarkan dari telinga, bahkan setelah Anda melakukan berbagai cara, maka jalan satu-satunya ialah dengan mengunjungi dokter THT. Mengonsultasikan masalah ini dengan dokter, bisa membantu Anda mendapatkan perawatan medis yang tepat.

Article By Claudia Ramadhani

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait