Tips Mengajarkan Anak Sopan Santun Bertamu

  • Whatsapp
Tips Jitu Mengajarkan Anak Sopan Santun Bertamu — Estrilook
Tips Jitu Mengajarkan Anak Sopan Santun Bertamu — Estrilook

Membuat anak mengenal kolega dan sanak saudara ternyata perlu dilakukan sejak dini. Selain baik untuk perkembangan, mengenalkan mereka dengan orang-orang terdekat orang tua menjadikan mereka belajar memahami dan mengenal lebih dekat orang-orang di sekitar orang tua mereka.

Mengajarkan sopan santun kepada anak ketika bertamu hingga mereka terbiasa memang tidak mudah dan memerlukan latihan. Sejak bisa diajak berkomunikasi, sejak itulah anak-anak sebenarnya sudah bisa diajari bagaimana bersikap dan bertutur kata yang baik, terutama kepada orang yang baru dikenalnya.

Muat Lebih

Sulitkah membuat mereka bersikap manis saat bertamu? Bagaimana caranya? Simak tips jitu berikut ini.

1. Ajarkan Adab Bertamu

Anak-anak perlu mengetahui sedini mungkin adab bertamu yang paling dasar, yaitu mengetuk pintu, mengucapkan salam terlebih dahulu, masuk dan duduk setelah dipersilakan, duduk tenang dan tidak berlarian, tidak mengambil barang apapun milik tuan rumah, serta berbicara dengan sopan.

2. Berilah Contoh

Orang tua adalah contoh terbaik bagi anak. Percuma saja mengajarkan anak sopan santun bila orang tua sendiri tidak mampu membawa diri saat bertamu. Terapkan adab bertamu pada diri sendiri dahulu sebelum kepada anak, ya, Dears. Mereka lambat laun akan meniru sikap santun orang tua.

3. Jelaskan Manfaat dan Tujuan Bertamu

Meski dengan bahasa sederhana, anak perlu dijelaskan apa manfaat dan tujuan bertamu. Bahwa bertamu tidak sekadar ada kebutuhan, tetapi memang diniatkan untuk menyambung tali silaturahmi. Silaturahmi bermanfaat untuk mencegah stres, menghilangkan kecemasan, membantu memecahkan berbagai masalah, dan memanjangkan umur. Dengan mengetahui manfaat dan tujuan bertamu, anak-anak akan perlahan memahami bila bertamu harus bersikap dan bertutur kata yang baik.

4. Berikan Pengertian sebelum Berangkat

Sebelum bertamu, sebaiknya orang tua menjelaskan kepada anak ke mana akan bertamu, siapa tuan rumahnya, bagaimana situasinya, dan mintalah mereka bersikap baik. Ajarkan mereka menepati janji dan belajar menahan diri untuk tetap tenang dan tidak rewel.

Mengajarkan sopan santun bertamu memang butuh waktu. Pelan tapi pasti, anak-anak yang terus dilatih dan diberi contoh akan menjadi anak yang santun dan menjaga adab. Sudah siap mencoba tips jitu di atas, Dears?

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait