Tips Memulai Hidup Sehat Jika Sebelumnya Tidak Pernah Olahraga

  • Whatsapp

Membangun motivasi terlebih dahulu agar anda memiliki sebuah komitmen dan memiliki tujuan yang jelas untuk melakukan rutinitas olahraga.

Pasalnya kalau seseorang tidak memiliki motivasi yang kuat maka program olahraganya akan sia-sia. Apabila motivasi olahraga digabung dengan rencana aktivitas nyata maka anda akan merasakan hasilnya.

Muat Lebih

Loading...

Apabila anda selama ini sangat jarang atau sama sekali tidak pernah melakukan olahraga maka kemungkinan anda merasa kebingungan untuk memulai dari mana.

Namun apapun yang menjadi alasan anda untuk memulai hidup sehat lebih aktif, sebaiknya anda jangan langsung berolahraga yang berat atau berintensitas tinggi.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan beberapa panduan untuk memulai olahraga yang baik. Membangun motivasi terlebih dahulu agar anda memiliki sebuah komitmen  dan memiliki tujuan yang jelas untuk melakukan rutinitas olahraga.

Pasalnya kalau seseorang tidak memiliki motivasi yang kuat maka program olahraganya akan sia-sia. Apabila motivasi olahraga digabung dengan rencana aktivitas nyata maka anda akan merasakan hasilnya.

Bagaimana cara memulai olahraga yang tepat?

Apabila saat ini anda mengalami kesulitan dan tidak tahu harus memulai dari mana, maka silahkan simak penjelasan berikut ini:

  • Memulai memasukkan lebih banyak aktivitas ke dalam kehidupan sehari-hari
  • Berangkat kerja ke kantor maka silahkan mencoba untuk memilih naik tangga dibandingkan menggunakan lift
  • Apabila anda naik kendaraan umum maka cobalah berhenti di halte yang jaraknya agak jauh dari kantor. Silahkan menempuh jarak sisa dengan jalan kaki
  • Anda dapat meluangkan waktu untuk jalan santai atau sekedar naik turun tangga sebelum dan sesudah makan siang
  • Ketika libur kerja, daripada anda menonton tv seharian maka lebih baik anda ganti dengan melakukan berbagai aktivitas fisik seperti jalan-jalan di taman, berenang, atau hanya sekedar jogging di pagi hari

Terkadang dengan mengubah kebiasaan kecil dan sudah mulai rutin dilakukan sehari-hari maka hal ini akan membuat anda akan lebih aktif dalam berolahraga. Lambat laun tubuh anda akan terbiasa menyesuaikan diri dengan berbagai aktivitas yang sudah anda lakukan.

Setelah itu anda bisa meningkatkan rutinitas dengan melakukan olahraga yang lebih berat.

Berapa durasi normal saat berolahraga ?

Sesuai dengan rekomendasi WHO, anda disarankan untuk melakukan kegiatan fisik dengan durasi 150 menit perminggu. Tetapi apabila anda ingin melakukan olahraga yang lebih berat maka anda bisa melakukan selama 75 menit saja.

Selama durasi olahraga anda tidak harus memaksakan diri anda untuk terus berolahraga. Silahkan untuk membagi beberapa sesi dalam satu hari. Kemudian American Heart Association menyarankan untuk anda :

  • Melakukan olahraga intensitas sedang selama 150 menit perminggu atau melakukan olahraga selama 30 menit perhari. Anda dapat melakukan dengan bersepeda atau dengan jalan cepat keliling rumah
  • Kalau anda melakukan olahraga berat maka silahkan lakukan dengan kurun waktu 25 menit perhari.

Fokus untuk melakukan satu jenis olahraga

Pada tahapan awal anda lebih baik fokus pada satu jenis olahraga atau satu macam gerakan yang ingin anda lakukan. Jangan sampai anda berkecil hati ketika anda belum bisa mencapai target.

Seiring kebugaran tubuh anda sudah mulai meningkat maka anda akan berhasil melakukan berbagai gerakan yang sebelumnya anda tidak bisa melakukannya. Setelah anda bisa melakukan berbagai variasi gerakan maka anda akan meraih manfaat yang lebih baik serta terhindar dari rasa jenuh.

Agar suasana olahraga anda tidak membosankan maka anda dapat mengajak teman atau keluarga untuk ikut berolahraga. Terkadang olahraga sendiri membuat anda semakin suntuk dan tidak bersemangat.

Salah satu cara mempertahankan semangat adalah mengajak teman dan keluarga untuk sama-sama berolahraga. Kalau anda kesulitan mengatur diri maka anda dapat menggunakan jasa pelatih dan menjalankan program olahraga secara rutin.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Rata-rata penilaian: 3,9 berdasarkan 581 ulasan

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait