Tips Memilih Hewan Qurban dari Dinas Pertanian Gresik

  • Whatsapp
Tips Memilih Hewan Qurban dari Dinas Pertanian Gresik
Tips Memilih Hewan Qurban Dari Dinas Pertanian Gresik

GRESIK, CAKRAWALA.CO – Ada tips penting yang diberikan oleh Dinas Pertanian Gresik saat memilih hewan Qurban bagi calon pembeli.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Venteriner, Dinas Pertanian Kabuaten Gresik, Jawa Timur, Drh. Devi Kartikasari memberi tips lebih dalam terkait memilih hewan ternak Qurban yang sehat.

Muat Lebih

Loading...

Ciri-ciri hewan sehat, menurut Devi bisa dilihat langsung, yakni bulunya bersih dan tidak kusam, lincah, nafsu makan baik, suhu tubuh normal, lubang kumlah (mulut, mata, hidung, telinga dan anus) bersih dan normal. Tidak cacat (pincang), tidak buta, dan tidak mengalami kerusakan telinga. Jantan dan tidak dikebiri serta Testis atau buah zakar lengkap ada 2 dan simetris (sama).

“Kami juga menyarankan agar membeli hewan ternak yang memang berasal dari Gresik atau dari Jawa Timur. Karena selama ini Gresik dan Jawa Timur adalah daerah yang bebas Anthrax” katanya, Kamis (8/8/2019) saat memeriksa kondisi hewan qurban di beberapa lokasi di Gresik.

Pihak Dinas Pertanian Gresik, lanjut Devi, siap membantu masyarakat untuk memberikan konsultasi dalam memilih hewan ternak kurban yang sehat dan sesuai.

“Dinas Pertanian juga siap membantu masyarakat untuk melakukan pemeriksaan post mortem dilokasi penyembelihan,” pungkasnya. (Zen)


Artikel ini telah lebih dulu tayang di
SITUS INI

Loading...

Pos terkait