Tips Jitu Membuat Kuku Tetap Sehat

  • Whatsapp
Tips Jitu Membuat Kuku Tetap Sehat
Tips Jitu Membuat Kuku Tetap Sehat

Urban ID – dir=”ltr”>Banyak wanita yang sangat perduli dengan penampilan jari-jari, contohnya seperti kuku. Wanita karier biasanya selalu memperhatikan bentuk kuku mereka, mengapa? Karna bentuk kuku juga bisa menjadi tempat orang untuk menilai pribadi.

Muat Lebih

Dilansir dari cantikmenawan.com, Kuku mencerminkan siapa diri kita dan juga mencerminkan kesehatan tubuh kita. Itulah mengapa perawatan kuku dirasa sangat penting dan perlu dilakukan secara teratur. Memotong kuku adalah salah satu bentuk perawatan kuku yang harus dilakukan untuk mencegah agar kuku tidak menjadi sarang kuman dan bakteri.

Selain untuk membuat kuku terlihat lebih bersih dan rapi, kita juga wajib menjaga kuku supaya kuku sehat dan cantik. Perawatan terhadap kuku tangan dan kaki tidak hanya sebatas memotong kuku. Namun lebih dari itu, kita juga perlu melakukan berbagai jenis perawatan dari luar maupun dari dalam tubuh untuk membuat kuku: menjadi lebih sehat, lebih kuat, tumbuh indah, mengkilat, dan cantik.

Berikut adalah beberapa tips merawat kuku yang yang mudah dan bisa Anda coba sendiri di rumah.

Gunakan sabun pencuci tangan yang lembut

Semakin keras jenis sabun yang Anda pilih untuk mencuci tangan, maka semakin besar dampaknya terhadap kulit dan kuku. Selain menghindari sabun yang terlalu keras, hindari juga sabun yang mengandung kimia triclosanyang biasanya membawa tag line “anti-bakteri.” Untuk mencuci tangan dan kuku agar bersih, mengkilat, serta sehat, pilihlah sabun yang lembut (milky hand wash).

Bersihkan kuku secara rutin dengan menggunakan sikat

Sebelum Anda melakukan apapun (makan, menyentuh bayi, membuat kue, atau memasak), pastikan Anda membersihkan kuku dan kulit di jari-jari Anda secara menyeluruh agar bebas dari kotoran dan kuman. Untuk menghapus noda, Anda bisa mencoba aseton free remover atau apapun yang tidak menyebabkan kuku menjadi kering.

Dr Ava Shamban, penulis buku Heal Your Skinmerekomendasikan kita agar menerapkan sabun pada sikat gigi (soft) untuk kemudian digosok-gosokkan ke kuku dan kulit di sekitarnya–secara lembut. Manfaatnya adalah untuk membersihkan kotoran yang ada di balik kuku, termasuk sel-sel kulit yang ada di sekitar kuku. Pilihlah sabun seperti yang direkomendasikan pada poin pertama, yaitu sabun yang lembut dan yang tidak menyebabkan kuku maupun kulit menjadi kering.

Potong kuku secara teratur

Ini adalah mode perawatan kuku yang paling simpel dan paling mudah dilakukan. Namun jika secara rutin Anda memotong kuku dengan cara yang benar, maka selain terjaga kebersihannya, kuku pun akan terlihat lebih rapi dan cantik.

Kuku yang bagus otomatis akan membuat tangan enak untuk dilihat. Jika malas mengurus kuku yang panjang, setidaknya luangkanlah waktu seminggu sekali atau seminggu dua kali untuk memotong kuku.

Selain manfaat di atas, memotong kuku secara teratur juga bisa membantu kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang bersumber dari balik kuku tangan. Karena kita sering memanfaatkan tangan dan kuku untuk menyentuh atau memegang bahan makanan maupun makanan matang.

Tips memelihara kuku yang panjang

Tips perawatan kuku supaya tetap sehat dan cantik selanjutnya adalah teknik memotong kuku agar bisa dipelihara hingga panjang salah satunya adalah, potonglah kuku secara lurus dengan membuat sedikit sudut membulat, sehingga tidak terlalu tajam dan berbahaya. Memotong kuku secara lurus bisa membantu memberikan kekuatan maksimum agar tidak mudah patah.

Rawat kuku dengan menggunakan bahan alami

Minyak zaitun untuk merawat kuku

Tips perawatan kuku supaya tetap sehat dan cantik selanjutnya adalah dengan menerapkan bahan alami seperti minyak zaitun. Di antara beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila menerapkan minyak zaitun pada permukaan kuku adalah:Melembabkan dan mencerahkan kulit di sekitar kuku

Bermanfaat untuk menjaga kuku agar tetap terlihat cantik

Membuat kuku terlihat lebih mengkilap 

Kuku akan menjadi lebih bening dan kuatCara menerapkan minyak zaitun untuk menjaga kesehatan dan kekuatan kuku:Sediakan minyak zaitun secukupnya

Hangatkan dengan api kecil 

Setelah terasa hangat, gunakan untuk menggosok permukaan kuku. Anda bisa menggosok kuku dengan menggunakan bola-bola kapas atau cotton bud

Diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu bilas dan keringkan

Merawat kuku dengan garam

Selain menggunakan minyak zaitun, kuku juga bisa dirawat dengan menggunakan garam meja (garam dapur). Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila rutin merawat kuku dengan menggunakan garam adalah: Kuku akan lebih sehat (karena garam memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur), kuku akan lebih bersih, dan putih mengkilat. Adapun cara menggunakan garam untuk memelihara kuku adalah:Sediakan garam secukupnya dan wadah yang bisa dimanfaatkan untuk merendam ujung-ujung jari, misalnya mangkok

Masukkan air hangat ke dalam mangkok tersebut, kemudian larutkan garam

Rendam tangan selama 15 menit

Setelah itu bilas dengan air biasa dan keringkan

Menjaga kesehatan kuku dengan lemon

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan dan membuat kuku terlihat mengkilat serta putih adalah air lemon (jus lemon). Secara alami, air lemon memiliki sifat pemutih. Itulah sebabnya lemon sudah sejak lama digunakan secara luas untuk kecantikan.

Di samping sifat pemutih tersebut, lemon juga memiliki sejumlah kandungan vitamin dan mineral. Salah satunya adalah vitamin C, yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan kuku. Adapun cara menerapkan air lemon untuk menyehatkan dan membersihkan kuku adalah:Iris lemon menjadi beberapa bagian

Gunakan bagian dagingnya untuk menggosok-gosokkan permukaan kuku. Kemudian diamkan selama kurang lebih 50 menit

Setelah itu cuci kuku dengan menggunakan air biasa agar air lemon tidak menyebabkan tangan terasa lengket

Belimbing wuluh

Selain sering dimanfaatkan untuk penyedap masakan, belimbing wuluh juga banyak digunakan untuk merawat kuku tangan dan kaki. Cara memanfaatkannya adalah:

Potong belimbing wuluh menjadi dua atau beberapa bagian, kemudian gosokkan daging belimbing wuluh tersebut ke permukaan kuku dan kulit jari (tangan dan kaki). Biarkan hingga mengering. Setelah itu, bersihkan dan cuci tangan dengan air bersuhu normal. Kering dengan kain lembut

Perbanyak minum air putih

Air putih bisa membantu menghidrasi tubuh, sehingga nutrisi dan oksigen bisa didistribusikan dengan lancar ke seluruh tubuh. Air juga sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit serta menghindarkannya dari kekeringan dan efek penuaan.

Selain manfaat di atas, mencukupi kebutuhan air minum dengan mengkonsumsi kurang lebih 2 liter air per hari juga akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kuku tangan maupun kuku kaki. Air putih bisa membantu memperkuat, memperindah, dan membuat kuku terlihat lebih bening dan bersih.

Konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung kalsium

Cara merawat kuku supaya tetap sehat, cantik, dan kuat adalah dengan menyantap makanan-makanan yang banyak mengandung kalsium. Tidak hanya bersumber dari susu, sebenarnya kalsium juga bisa kita dapatkan dari berbagai jenis produk hewani maupun nabati, seperti:Keju dan berbagai olahan susu

Seafood

Ikan sarden

Anggur

Alpukat

Brokoli

Kangkung

Kacang-kacangan

Ikan sarden, dan lain-lain

Tips menggunakan cat kuku

Cara merawat kuku agar cantik dan sehat selanjutnya adalah dengan mengetahui cara menggunakan cat kuku yang benar. Jika Anda suka menggunakan cat kuku, Anda perlu memperhatikan beberapa poin berikut ini agar kuku tidak mudah rusak akibat salah memilih/menggunakan cat kuku yang berbahaya. Cuci secara rutin alat-alat yang Anda gunakan untuk membersihkan dan merawat kuku kaki dan tangan

Selalu menggunakan base coat untuk melindungi kuku dari noda, dan untuk melindungi warna asli kuku

Selalu baca label cat kuku sebelum digunakan. Hindari cat kuku yang mengandung bahan bahan kimia beracun seperti dibutyl phthalate, formaldehyde, dan toluene, karena racun dapat menyebabkan kuku menjadi mudah patah, rapuh, dan robek

Dengan kuku yang sehat dan cantik, kamu akan terlihat sangat menarik. Penampilanmu tersebut akan semakin sempurna jika kamu menghiasi tangan mulut dengan berbagai perhiasan seperti cincin, gelang, dan jam tangan. Nah, kalau kamu tertarik untuk membeli berbagai perhiasan cantik, jangan lupa klik beberapa link yang telah saya sematkan sebelumnya.
(sherrly)

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait