Tips Jaga Kesehatan saat Cuaca Panas

  • Whatsapp
Tips Jaga Kesehatan saat Cuaca Panas
Tips Jaga Kesehatan Saat Cuaca Panas

medaninside.com, Medan– Sejak beberapa hari ini Kota Medan dilanda cuaca panas. Bahkan kabar terbaru dari bahkan Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan mendeteksi kemunculan hotspot (titik panas) di sejumlah wilayah di Sumatera Utara. Terakhir, pada hari ini, sedikitnya 17 titik panas terpantau satelit.

Untuk itu penting menjaga kesehatan di cuaca yang cukup terik seperti saat ini. Pengamat Kesehatan Sumut, dr Delyuzar Sp PA (K) yang juga Ketua Jaringan Kesehatan Masyarakat (JKM) Sumut memberikan tips untuk masyarakat Sumatera Utara (Sumut) khususnya Kota Medan dalam menghadapi musim kemarau ini yakni pentingnya pelindung diri saat keluar rumah.

Muat Lebih

Loading...

“Beberapa hari ini cuaca terik sekali, jadi bila keluar tanpa pelindung akan berpengaruh pada kesehatan kulit ditambah debu yang banyak akan berpengaruh ke saluran nafas,” katanya pada medaninside.com, Selasa (6/8).

Udara kering, sambung Delyuzar bisa juga akan menimbulkan gangguan saluran nafas akut. Maka pelindung yang harus disedikan seperti payung dan topi bila keluarnya tidak terlalu jauh. Bila berkendaraan menggunakan roda dua kenakan masker dan kacamata.

“Panasnya matahari akan membuat seseorang dehidrasi maka dianjurkan untuk mencegah sakit konsumsi air mineral minimal 2 liter sehari. Perbanyaklah makan buah-buahan terutama buah yang mengandung vitamin C,” sebutnya.

Untuk itu Delyuzar berpesan hindari kontak langsung dengan matahari saat di luar ruangan. Sebab sinar ultraviolet memiliki pengaruh pada tubuh manusia bila terus menerus terpapar matahari bisa menyebabkan kanker kulit seperti jenis karsinoma atau melanoma.

“Dengan debu yang cukup banyak di musim kemarau ini ditambah udara yang kering akan mempermudah seseorang terkena infeksi pernafasan akut dan biasanya rentan terjadi pada anak-anak dan orang tua juga ibu hamil. Diharapkan masyarakat melakukan pola hidup sehat, perbanyak minum, konsumsi sayuran dan buah dengan kandungan vitamin C,” tutupnya. (Far)
Oleh: Anita Sinuhaji

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait