Tips Atasi Komedo Membandel di Kulit

  • Whatsapp
5 Tips Atasi Komedo Membandel di Kulit
5 Tips Atasi Komedo Membandel Di Kulit

Banyak masalah dapat terjadi pada kulit Anda, entah itu munculnya tanda-tanda penuaan, pori-pori besar, jerawat, dan tentu saja komedo. Komedo merupakan campuran minyak dan sel-sel kulit mati yang teroksidasi dan menyumbat pori-pori. Komedo tak hanya dapat muncul di wajah, tapi juga di beberapa bagian tubuh lain seperti punggung, leher, dada, lengan, dan bahu.

Saat ini, ada banyak produk yang mengklaim dirinya mampu mengatasi komedo, seperti misalnya penggunaan pore pack. Hanya saja, penggunaan pore pack juga sering dikeluhkan, malah ada yang merasa penggunaan pore pack malah menambah banyaknya komedo di wajah.

Muat Lebih

Loading...

Pore pack memang bertugas mengangkat komedo, tapi hanya sebatas komedo yang berada di permukaan kulit saja. Sementara itu, pore pack melewatkan kotoran dan minyak yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Inilah mengapa, banyak yang merasa pemakaian pore pack tak bisa sangat maksimal dalam mengusir komedo dari kulit.

Tapi, selalu ada cara lain yang bisa membantu Anda terbebas dari masalah komedo yang menyebalkan, apa saja?

  1. Asam salisilat merupakan bahan yang paling tepat untuk digunakan sebagai pengusir komedo. Ini karena asam salisilat dapat memecah kelebihan minyak dan sel-sel kulit mati. Tetapi banyak orang yang sensitif terhadap penggunaan asam salisilat untuk mengatasi masalah kulit. Oleh karena itu, perhatikan juga pemakaiannya, jangan sampai berlebihan.
  2. Pakailah krim malam dan serum yang efektif untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati penyebab komedo. Tapi, konsultasikan dulu dengan dokter kulit, agar Anda bisa memakai produk krim malam dan serum yang tepat.
  3. Clay mask dan charcoal mask bekerja dengan baik untuk mengatasi komedo. Kaya akan mineral, clay mask dapat mengatasi tiga penyebab utama dari komedo, yakni produksi minyak berlebih, sel kulit mati, dan pori-pori tersumbat. Saat Anda mencampur clay mask dengan air, dan mengoleskannya ke kulit, clay mask akan bertindak seperti magnet, dengan menarik semua kotoran dan komedo untuk keluar dari pori-pori.
  4. Tak peduli apakah Anda memiliki kulit yang kering atau berminyak, tapi selalu gunakan pelembap agar kulit tetap sehat dan kelenjar sebaceous tidak menjadi terlalu aktif, sehingga menghasilkan minyak berlebih.
  5. Hindarilah memakai makeup yang comedogenic. Makeup comedogenic, mengandung bahan-bahan yang dapat menyumbat pori dan juga membuat kulit tampak lebih berminyak. Memakai makeup jenis ini, bisa meningkatkan pertumbuhan komedo di kulit Anda. Jadi, selalu perhatikan kandungan dari setiap makeup yang akan Anda gunakan.

Article By Claudia Ramadhani

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait