Selfie Bisa Cegah Penyakit Anemia

  • Whatsapp

#Aplikasi #Eyenameia #Selfie #Foto – Tak hanya sebagai ajang narsis atau gaya-gayaan di media sosial belaka. Belakangan, kegiatan memotret diri sendiri ini dimanfaatkan kalangan kedokteran untuk mendeteksi dan bahkan menyembuhkan penyakit.

Jarrel Seah dan Jennifer Tang, mahasiswa kedokteran di Melbourne’s Monash University menggunakan selfie sebagai basis aplikasi Eyenameia buatannya.

Muat Lebih

Dengan aplikasi tersebut, seseorang mampu mendeteksi anemia dengan selfie mata, tanpa harus melakukan cek darah untuk deteksi awal penyakit ini.

Ide pembuatan aplikasi tersebut mulai muncul saat Seah dan Tang bertugas di kawasan pedesaan di Midura, Victoria, Australia. karena tinggal di daerah terpencil, mereka harus melakukan perjalanan berjam-jam jika hendak melakukan tes darah.

Dengan Eyenameia, penduduk cukup mengirimkan foto selfie matanya ke dokter spesialis. Dari foto itu, dokter akan mengidentifikasi risiko anemia dengan melihat kondisi konjungtiva–permukaan dalam kelopak mata.

Tak cuma anemia, potret diri diyakini bisa pula mendeteksi dan jadi jalan mendapatkan pengobatan untuk penyakit kulit eksim di wajah. Hal ini disebabkan keduanya juga dilakukan dengan proses selfie.

 

 

 

 

 

Countributor: Wieke

 

Pos terkait