Rutin Minum Air Hangat Manjur Buat Diet Sampai Mengusir Stres

  • Whatsapp

Meminum air putih hangat telah menjadi rahasia pengobatan China dan India kuno. Para tabib zaman dahulu menganjurkan seluruh pasiennya untuk memulai hari dengan meminum segelas air putih hangat setiap kali bangun tidur.

Muat Lebih

sehat dengan terapi air putih _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Berdasarkan penelitian, jika dilakukan secara rutin, aktivitas ini ternyata memiliki setidaknya delapan manfaat bagi tubuh. Apalagi jika kamu juga meminum air putih hangat setiap habis makan.

(Baca juga: Ini Alasan Air Putih Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja)

Apa saja sih manfaat meminum air putih hangat bagi tubuh? Cek yuk ulasannya dibawah ini:

  1. Menurunkan berat badan

Air putih hangat ternyata obat penurun berat badan yang paling sederhana namun efektif. Dengan meminum air putih hangat, kamu sama saja dengan meminum cairan peluruh cadangan lemak yang tersimpan dalam tubuh kamu sehingga bisa menurunkan berat badan.

Lebih baik lagi jika kamu meminum air hangat dicampur dengan perasan jeruk lemon dan madu setiap habis makan. Lemon mengandung serat pektin yang mampu mengontrol rasa lapar serta ideal untuk orang-orang yang sedang menjalani diet alkaline.

  1. Melancarkan pencernaan

Minum air hangat setelah makan juga dipercaya bisa melancarkan pencernaan. Sebab, organ pencernaan akan terhidrasi dan terlumasi lebih baik dan mampu mengeliminasi sampah dengan lebih cepat seiring mengalirnya air hangat melalui perut dan usus.

  1. Melegakan syaraf dan meredakan stres

Penelitian menunjukkan meminum air putih hangat juga bisa melegakan sistem syaraf pusat. Dengan fungsi sistem syaraf yang optimal, fungsi tubuh kita akan berjalan dengan baik dan minim rasa sakit.

Selain itu, jika kamu sedang merasa stres, minum air hangat bisa meredakannya secara perlahan karena terbukti mampu membuat otot rileks sehingga level hormon kortisol yang menyebabkan stres menurun.

  1. Mengobati sakit kepala dan hidung tersumbat

Uap hangat dari air panas yang kamu hirup bisa membantu melegakan sakit kepala dan juga hidung tersumbat. Sebab uap yang kamu hirup tersebut bisa melonggarkan membran mukosa pada leher dan mencegahnya terbentuk lagi.

  1. Mengobati sembelit

Sembelit alias konstipasi adalah masalah pada perut akibat kurang mengonsumsi air. Kemalasan kamu dalam meminum air akan menyebabkan penumpukan kotoran pada usus yang otomatis mengurangi kinerja saluran usus besar. Ujungnya, kamu akan merasa sakit yang luar biasa ketika buang air besar.

Minumlah segelas air hangat di pagi hari untuk mengobati konstipasi dan meningkatkan kerja usus besar. Sebab cairan tersebut bisa membantu usus untuk berkontraksi dan mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Seperti diuraikan di awal, air hangat bisa membantu meluruhkan simpanan lemak dalam tubuh. Sehingga ampuh memperlancar sistem syaraf yang berdampak pada kelancaran sirkulasi darah.

Semakin banyak air hangat yang kamu minum, maka sirkulasi darah yang berputar di tubuhmu akan semakin lancar.

  1. Menghilangkan racun tubuh

Upaya menghilangkan racun dan membersihkan tubuh juga bisa dilakukan dengan meminum air putih hangat. Jika kamu meminumnya secara rutin, sistem endokrin dalam tubuh akan teraktivasi dan menyebabkan tubuh mengeluarkan keringat. Racun akan keluar dari tubuh lewat keringat tersebut.

  1. Meredakan nyeri haid

Salah satu manfaat utama minum air hangat adalah membantu mengurangi kram menstruasi alias nyeri haid. Air hangat bisa membawa efek menenangkan dan melegakan terhadap otot perut dengan mengurangi kekejangan dan kram yang biasa dialami ketika perempuan menstruasi.

(Baca juga: 6 Pertanda Kalau Tubuh Kamu Benar-benar Kurang Cairan)

Ternyata banyak juga ya manfaat dari minum air putih hangat bagi tubuh? Jadi buat kamu yang mau hidup sehat, tidak ada salahnya tuh mulai rutin meminum air putih hangat setiap hari. Cara paling mudah dan murah untuk menjaga badan tetap sehat.

Dapatkan tips kesehatan dan gaya hidup lainnya dengan membaca kumpulan artikel di CekAja.com setiap hari. Selain itu, kamu juga bisa mencari produk finansial terbaik sesuai kebutuhan di CekAja.com.




Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait