Pemicu Sakit Kepala Migrain

  • Whatsapp
Pemicu Sakit Kepala Migrain
Pemicu Sakit Kepala Migrain

© Sunnaholomi Halakrispen
Perlu diketahui, beberapa hal di sekitar Anda dapat memicu migrain. Ya, Anda bisa mengontrol sejumlah pemicu dari migrain ini.
Jakarta: Sakit kepala merupakan gejala dari gangguan yang disebut migrain. Jika Anda mengalami sakit kepala migrain, Anda tahu betul bahwa betapa sulitnya menahan rasa sakitnya tapi Anda tidak tahu kapan rasa sakit itu datang dan pergi.

Muat Lebih

Loading...

Perlu diketahui, beberapa hal di sekitar Anda dapat memicu migrain. Ya, Anda bisa mengontrol sejumlah pemicu dari migrain ini.

1. Komputer

Duduk di depan laptop atau personal komputer dalam waktu lama dapat memicu migrain dan sakit kepala tipe yang lebih buruk. Terutama, jika Anda berhadapan dengan monitor resolusi rendah yang memberi tekanan lebih pada mata Anda.

Solusinya, letakkan layar anti radiasi di atas monitor Anda. Pastikan tidak ada pantulan dari cahaya manapun yang menyentuh layar. Kemudian, gunakan ukuran font yang lebih besar.

Postur yang baik juga penting. Ini akan mengurangi stres pada kepala, leher, dan bahu Anda. Jangan lupa untuk menjauh dari komputer Anda selama beberapa menit di setiap jam.

2. Cahaya terang

Sensitivitas terhadap cahaya disebut fotofobia. Lampu neon atau lampu berkelap-kelip bisa menjadi salah satu penyebabnya. Sebab, kedipan lambat pada mata Anda ketika melihat cahaya terang, dapat mengiritasi sel-sel otak.

Kemudian, saat Anda berada di luar ruangan, sinar matahari yang memantulkan air atau tiba-tiba ada sinar begitu terang yang menerobos awan, juga dapat memicu migrain. Salah satu solusinya, gunakan kaca mata hitam. Kaca mata hitam dengan lensa terpolarisasi dapat membantu meredupkan cahaya tersebut.

3. Kebisingan

Suara keras atau kebisingan yang mengganggu pendengaran dapat menyebabkan migrain. Ini bahkan sering kali menjadi penyabab bertambahnya tingkat stres Anda.

Jika Anda tahu akan berada di tempat suara keras biasa terjadi, gunakan penyumbat telinga. Anda juga bisa menggunakan earbud atau earphone untuk mendengarkan musik sekaligus menenangkan pikiran dari suara bising itu.

4. Pola makan tidak teratur

Pola makan yang tidak teratur atau melewatkan jam makan juga menjadi penyebab migrain. Maka, makanlah makanan ringan sebagai pengganjal rasa rapar Anda jika tidak sempat makan berat.

Jangan minum terlalu banyak cairan selain air mineral. Berhentilah minum kopi secara tiba-tiba atau tanpa terisinya perut oleh makanan.

5. Cuaca

Perubahan kelembaban, suhu, atau tekanan barometrik adalah salah satu pemicu terkait cuaca yang paling umum. Hal tersebut dapat menyebabkan perubahan kimia dalam tubuh yang dapat menyebabkan migrain.

Cuaca dingin ekstrem, angin kencang, dan badai, juga dapat menjadi penyebab juga memperburuk kondisi migrain Anda. Perubahan tekanan seperti ketika Anda naik pesawat dan menyelam di bawah laut, juga menjadi pemicu migrain.

6. Asap rokok

Nikotin dalam rokok memengaruhi otak Anda. Kandungan tersebut dapat menyebabkan aktivitas otak yang lebih rendah dan memberikan rasa sakit. Efek yang sama juga terjadi setiap Anda menghirup asap rokok.

Jika Anda merokok, berhentilah. Bahkan jika Anda tidak merokok atau menjadi perokok pasif, jauhi area berasap rokok. Ini bagus untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan bisa meringankan sakit kepala Anda.

Setelah mengetahui pemicu migrain, pahamilah bagaimana cara mengatasinya. Konsumsilah makanan yang sehat secara teratur, rutin berolahraga, tidur dengan waktu yang cukup.

Kemudian, lakukan latihan relaksasi, seperti yoga atau tai chi. Menghindari situasi yang membuat stres juga dapat membantu. Alihkan pikiran Anda dengan kegiatan yang bisa membuat relaks seperti membaca atau mendengarkan musik.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Loading...

Pos terkait