Moms, Ini Tips Jaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa Bagi Ibu Hamil

  • Whatsapp
Moms, Ini Tips Jaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa Bagi Ibu Hamil

Moms yang sedang hamil diperbolehkan beribadah puasa apabila kondisi kesehatan Moms dan si Kecil dalam kandungan sehat. Tentu saja, Moms harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter jika hendak berpuasa saat hamil.

Meskipun Moms berpuasa saat hamil, itu bukan berarti Moms tidak berkegiatan sama sekali. Moms tidak boleh menjadikan waktu berpuasa untuk bermalas-malasan karena tidak banyak manfaat positifnya. Malahan, Moms bisa merasa lapar dan haus karena bosan.

Di sisi lain, aktivitas berlebihan saat puasa juga dapat merugikan Moms yang sedang hamil. Kelelahan, mual, dehidrasi, bahkan muntah dapat menjadi halangan ibu hamil yang berpuasa. Moms perlu menciptakan keseimbangan antara beribadah dan menjaga kebugaran diri sendiri. Dengan pengawasan ekstra dan mengikuti tips-tips berikut, mudah-mudahan Moms dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar.

Tips menjalankan puasa bagi ibu hamil

  1. Sesuaikan jadwal makan sahur dan berbuka dengan jadwal istirahat

Memasuki bulan Ramadan, Moms yang berpuasa harus mengatur jadwal makan, tidur, dan beraktivitas agar sesuai dengan waktu makan sahur dan berbuka. Karena saat puasa jam tidur berubah, Moms harus menjadwal ulang waktu istirahat untuk mengakomodasi waktu tidur yang hilang. Moms disarankan untuk beristirahat di siang hari saat cuaca panas dan melakukan aktivitas sehari-hari di sore hari.

  1. Saat sudah berbuka, makanlah dengan porsi sedikit tetapi sering

Orang yang berpuasa tidak terkecuali ibu hamil, biasanya sudah kenyang saat makan sedikit waktu berbuka. Meskipun Moms merasa demikian, Moms harus ingat bahwa ada janin dalam kandungan Moms yang butuh nutrisi. Untuk memenuhi kebutuhan perkembangan janin, makanlah makanan bergizi dengan porsi kecil tetapi sering.

  1. Minum susu, suplemen, dan vitamin ibu hamil saat sahur dan berbuka puasa

Susu, suplemen, dan vitamin ibu hamil mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan Moms agar kehamilan lancar. Jika pada hari-hari biasa Moms meminum susu setiap pagi dan sore, minumlah susu pada saat sahur dan berbuka puasa, begitu pula dengan suplemen dan vitamin.

  1. Hindari menu sahur dan berbuka mengandung makanan pedas dan berlemak

Makanan pedas dapat memicu asam lambung, diare, dan morning sickness apabila dikonsumsi Moms yang lambungnya sedang kosong. Sementara itu, makan makanan berlemak yang berlebihan saat sahur atau berbuka dapat mengganggu kesehatan Moms dalam jangka panjang.

  1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa

Sedikit berbeda dengan mereka yang tidak hamil, ibu hamil membutuhkan 10 hingga 12 gelas air dalam sehari. Karena Moms tidak minum selama berpuasa, gantilah waktu minum itu saat sahur, saat berbuka, dan sebelum tidur dengan rincian 3-4 gelas pada waktu sahur, 4-5 gelas pada saat berbuka, dan 2-3 gelas sebelum tidur.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di SITUS INI

Pos terkait